Wednesday, December 24, 2014

Mengenai Lawan Battle Kita

Dear Rangers,

Beberapa waktu lalu saya mendapat 'complaint' (keluhan) dari Mitun dan Faris. Keduanya mengeluhkan tentang lawan mereka di battle, yang mereka anggap cheater.

Indikasi/ciri-ciri yang mereka sampaikan sama. Yakni, ketika mereka sedang battle, lalu mereka FREEZE musuhnya. Nah, ketika freezenya habis, ternyata jumlah musuh mereka berlipat ganda, hampir 1 RT datang!

Sebenarnya, mungkin tidak musuh battle kita seorang cheater atau berbuat cheat?

Musuh battle kita seorang cheater, itu masih memungkinkan. Kalo kamu lupa, saya pernah tulis pengalaman saya melawan seorang cheater nekad di battle. Saat battle, saya mendapati bahwa musuh saya tidak mengeluarkan musuh 1 pun.

Setelah saya cek, ternyata jumlah mineralnya memang tidak memungkinkan untuk mengeluarkan ranger-ranger (premium) yang dia miliki. Hahahah...

Lalu, apakah mungkin musuh battle kita berbuat cheat?

Jawabannya, TIDAK!

Musuh battle kita dipilih secara acak oleh sistem Line Ranger dengan basis AI (artificial intelligent). Apa itu AI? Agak ribet jelasinnya, tapi AI itu program yang dibuat sehingga bisa berpikir secara pintar.

AI tidak selalu pintar. Kadang-kadang dia 'error' juga. Contoh kasusnya ya di atas, saya ketemu dengan cheater. Saya sebut 'eror' karena harusnya AI bisa tahu dan memilihkan musuh battle yang bukan seorang cheater.

Kalo kamu perhatikan saat battle, poin musuh kamu biasanya ga jauh-jauh dari poin kamu, terutama kalo kamu top 100 global.

Seperti ini contohnya.


Saya dan musuh saya sama-sama di poin 2613. Seimbang, minimal dari sisi poin. Tapi kalo dari sisi ranger dan level, belum tentu. Bisa saja ranger-ranger dia lebih bagus dari saya meski levelnya tidak setinggi saya.

Tapi dari ss di atas setidaknya musuh saya BUKAN cheater.

Kembali ke kasusnya Mitun dan Faris.

Kita mesti pahami dahulu bahwa kondisi freeze itu BUKAN MEMBUNUH musuh. Freeze hanya akan membuat gerakan musuh tertunda (untuk sementara). Pada saat gerakannya tertunda, bukan berarti pergerakan mineralnya diam. Dia akan terus bergerak.

So, tidak heran usai kamu freeze musuh, lalu freezenya habis, jumlah musuh menjadi berlipat ganda.

Kalo kamu tidak percaya, coba kamu main battle friend. Cari musuh yang tangguh, tantang dia duel. Lalu pada saat kamu kena freeze musuh, kamu bisa perhatikan bahwa pergerakan mineral kamu (kanan atas) akan terus meningkat dan kamu juga bisa mengeluarkan ranger kalo dirasa perlu.

Hanya saja, Mitun menjelaskan untuk kasusnya dia, jumlah ranger musuh yang bertambah bisa dikatakan tidak masuk akal. Saat saya perhatikan memang bisa dikatakan kasusnya Mitun ini aneh. Sayang sekali ss-nya terhapus.

Saya kasih contoh saja biar gampang.

Posisi mineral musuh di level 8, 1850. Ranger-rangernya Edward Carol (1550), Rudolph (12xx), Kevin (6xx), Chichi (10xx). Katakanlah kena freeze sekitar 10 detik.

Anggap saja 'normalnya' ranger yang bertambah selama freeze 10 detik itu adalah 1 EC, 1 Kevin dan 1 Chichi. Untuk kasusnya Mitun, jumlah ranger yang bertambah berkali lipat di luar batas normal.

Apakah ini berarti AI melakukan cheat?

Jawabnya, menurut saya, TIDAK. Hal yang paling mungkin adalah ada error (bug) di AI sehingga jumlah musuh battlenya Mitun bertambah di luar normal. Ya kalo sudah begitu sih, pasrah saja melihat tower kita diserbu ranger musuh.

Perkembangan AI untuk game LR bisa dibilang kian membaik terutama usai pihak LR melakukan update di tanggal 10 Desember 2014 (jika tidak salah).

Saat itu, update AI yang dilakukan oleh pihak LR membuat taktik battle saya berantakan sehingga saya mengalami kekalahan cukup banyak. Walhasil di minggu itu saya mesti puas meraih 60 ubi saja.

Untungnya sejak minggu lalu saya sudah menemukan taktik baru untuk battle sehingga saya bisa meraih 80 ubi dengan tidak sering begadang.

Omong-omong, apa kesimpulannya ya?

Hmmm...jadi gini.

1. Yang memilihkan lawan battle kita adalah sistem LR yang berbasis AI. AI dirancang untuk berpikir seperti manusia, tentunya manusia yang normal dan pinter, ga bego-bego amat.

2. Dalam kondisi normal, kita akan dipilihkan musuh yang selevel dengan kita, bisa dilihat dari poin musuh.

3. AI tidak sepenuhnya benar. Kadang dia error juga. Kasusnya seperti yang dialami Mitun, jumlah musuh yang keluar berlipat ganda usai freeze. Kalo kasus Faris, masih normal. Tapi sayang sekali ss-nya Faris juga hilang.

4. Hati-hati menggunakan item. AI sekarang makin pinter, dia akan berpikir dan bertindak seperti kita. Misalnya kita freeze dia dengan harapan kita bisa menggebuk dan menghabisi musuh pada saat dia freeze. Eh, ternyata musuh battle juga meng-freeze kita atau malah menggunakan item invi. Walhasil taktik kita gagal total! Hehehe.

Saran dan pengalaman saya, JANGAN terpancing untuk menggunakan item duluan! Kerahkan ranger-ranger kita untuk menyerang musuh dengan baik. Tunggu musuh mengeluarkan item terlebih dahulu, baru kita gunakan item sesuai kebutuhan.

Well, gutlak...semoga sukses di battle!

catatan:
Artikel ini agak-agak berantakan susunannya. Kalo ada hal yang tidak dimengerti, silakan tulis di komen. Nanti saya akan jawab.

8 comments:

  1. Berarti player online vs komputer ya? Ku pikir player online vs player online.. bisnya pada jago2

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup. player OL vs komputer.

      komputer dirasa jago2 karena AI-nya yang kian canggih

      Delete
  2. Bukannya musuh itu yg gerakin sistem?
    Koq bs nilai lawan kita cheat?
    Seandainya lawan kita yg gerakin bukan sistem,poin battle ama straight gak bakalan mudah tuh
    Apalg skrg rata2 rangers punya CE master,dan punya treasure RSH yg bisa lgsng kluarin CE pas mulai.
    Sistem battle itu sama kek kita battle di friend kita.
    Jd lucu menurut gw klo bs ketemu cheater dibattle

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini mbahas Frank atau Mitun?

      kalo Mitun,spt saya jelaskan di atas, ada 'error' di AI dan sistem,sehingga usai freeze muncul ranger-ranger dalam jumlah berlipat ganda.

      kalo mbahas Frank,cheaternya ketauan dari profil dia.
      profil dia masih level rendah yg mineralnya ga cukup untuk mengeluarkan ranger2 dia.

      Delete
  3. Paling parah klo baru2 bbrp dtk batle,si cheater udh ngeluarin ranger2 se kmpung,tmbh lgi yg premium..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo level mineral si cheater cukup,yaaa susyeee... :-(

      tapi kalo sampai keluar sekampung, mgkn AI-nya yg error.

      Delete
  4. Mantap penjelasannya, sayang ss nya ilang, itu lumayan epic T T hehe

    ReplyDelete
  5. Hhe mantap penjelasannya, sayang ss nya ilang, cukup epic tu ss nya dikeroyok carol T T hehe

    ReplyDelete