Thursday, September 25, 2014

Farming Dan Levelling Di Line Ranger. Apakah Itu?

Dear Rangers,

Kali ini saya hendak memperkenalkan istilah farming dan levelling.
*catatan: beberapa hal di artikel ini hanya berlaku di LR SEASON 1
1. Tidak ada event harian di season 2
2. Ada kemunculan Specs (Special Stage) untuk levelling*

FARMING

Setahu saya, memiliki arti berkebun. Kalo di game Line Ranger jelas tidak ada aktivitas berkebun di gamenya, soalnya memang tipe game LR adalah perang (tawuran antar RT). Game model Hay Day lebih cocok menggunakan istilah farming ini.

Tapi, farming di sini tentu sifatnya kiasan. Maksud farming = mengumpulkan item sebanyak-banyaknya.

Di LR, item yg bisa dikumpulkan meliputi:
1. Coin
2. Friend point
3. Feather (life)
4. Ranger

1. Farming Coin
Setiap hari Kamis kita akan selalu menemui event double coins. Maksudnya, coin yg didapat usai menyelesaikan stage akan berlipat ganda (2x lipat) dibandingkan di hari lain.

Misalnya di stage 128. Di hari biasa, coin yg kita peroleh sebanyak 1500 coins, maka di hari Kamis akan menjadi 3000 coins.

Saya biasanya farming coin di stage 120 (update 27 Oktober 2014: kini saya farming coin di stage 132). Pertimbangannya:
a. Jumlah coin cukup besar, yakni 3106 coins.
b. Relatif singkat mainnya.
c. Saya bisa bermain tanpa menggunakan elemen, tanpa menggunakan friend help.
d. Dengan komposisi ranger saya, saya bisa mainkan secara AUTO.

Di stage lain mungkin lebih besar nilai coinnya, tapi dari pengalaman saya tidak ada yg bisa memenuhi 4 syarat PENTING di atas. Biasanya ada 1 syarat yg tidak bisa dipenuhi. ;-)

Farming coin juga bisa dilakukan dengan cara menjual ranger, terutama ranger 5*. Sebelum dijual, ranger-ranger 3*, 4*, dan 5* mesti dinaikkan dulu levelnya.

Untuk ranger 5*, jual saat level 49. Akan didapat 25.920 coins. TIDAK PERLU upgrade ke level 50 - 60 karena coin yang didapat jumlahnya sama, yakni 25.920.

Untuk ranger 4*, jual saat level 49, coinnya 19.560 coins, TIDAK PERLU upgrade level 50. Coinnya sama jumlahnya.

Untuk ranger 3*, jual saat level 40, maka akan didapat 9.528 coins.

Berikut beberapa tampilan jumlah coin di beberapa stage2 yg cukup tinggi. *Credit utk teman di grup. Berhubung nick dia pakai tulisan Cina, saya tidak bisa baca*






2. Farming Friend Point (FP)
FP bisa diperoleh dengan mengirim bantuan kepada teman2 ranger lain di menu friend. Tapi ada cara lain untuk mendapatkan FP, yakni melakukan battle dengan teman2 yg ada di list kita.

Lumayan, dapat 50 point jika kita menang. Sebaliknya, jika kita kalah maka tidak akan berkurang FP tapi musuh (yg menang) yg akan dapat 50 point.
*update: di bulan Feb 2015, ada perubahan kebijakan yg merugikan! FP dari 50 pts menjadi 5 pts sajah!*

3. Farming Feather
Farming feather bisa dilakukan dengan melakukan point 2 di atas sebanyak-banyaknya. Tiap 100 FP ~ 1 feather.

Saya biasanya memperbanyak feather di hari Senin dan Rabu. Tujuannya agar saya bisa levelling di hari Selasa dan farming coin di hari Kamis dengan maksimal. :-)

Kita juga bisa lakukan FF dengan mengundang teman2 di daftar teman Line kita untuk bermain line ranger. Tiap 1 undangan yg dikirim ~ 1 feather. Kamu bisa gunakan id ghost ini untuk menambah teman-teman untuk diundang.

4. Farming Ranger
Ini kita lakukan jika kita hendak mengejar/menjadikan sebuah (free) ranger menjadi master. Untuk farming ranger dibutuhkan keahlian mendapatkan ranger yg diharapkan di saat spinning bonus usai memenangkan sebuah stage.

Saya pernah farming ranger hingga mempunyai Xan lebih dari 20 ranger, Sorcecer Cony lebih dari 20 ranger, Masked Moon juga cukup banyak.

Jika sudah cukup banyak dan ternyata ranger kita sudah master, biasanya saya jual2in buat nambah coin, hehehe.

Ranger dijual tentu bukan di level 1 karena harganya sangat murah. Untuk ranger 5*, biasanya saya jual saat sudah mencapai level 49 untuk mendapatkan coins 25 ribu lebih (hampir 26 ribu). Cek info farming coin di atas.

LEVELLING

Di bagian atas kita sudah membahas farming. Kini saya hendak membahas levelling.

Yang dimaksud dengan levelling ~ menaikkan level kita hingga batas maksimal (level 99).

LR menyediakan hari Selasa sebagai hari double experience, maksudnya peluang level kita naik lebih cepat, juga level si ranger.

Tips: kumpulkan sebanyak-banyaknya feather di hari Senin (termasuk menyimpan bonus feather sebanyak 10 buah di hari Senin) untuk dimainkan di hari Selasa.

Selain hari Selasa, levelling bisa dilakukan dengan melakukan boost up terlebih dahulu (klik minuman kaleng) untuk mendapatkan rentang waktu boost up.

Good luck, Rangers!

41 comments:

  1. Replies
    1. caranya: sudah pernah di stage itu. nanti di bagian atas kanan ada tulisan AUTO

      silakan liat contohnya di gambar di bawah ini:

      http://i.ytimg.com/vi/J5wNnck51cI/maxresdefault.jpg

      Delete
  2. gan itu ranger dinaikkin dlu levelnya sebelum dijual pake cara di combine? sekalian kasih perhitungannya juga dong

    kira2 modal buat naekin ke level 49 butuh berapa ranger?

    mengcombine nya pake ranger bintang brapa?

    di combine di hari apa? (walaupun sudah pasti di combine di double exp combine)

    supaya lebih jelas saja gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya,naikin levelnya dg diikutkan dalam battle,terutama di hari Selasa, saat double exp.

      perhitungannya njelimet,males nulisnya,hahaha...

      modal ke level 49 ya tergantung ranger yg akan dicombine. kalo 5* ya pastinya lebih sedikit daripada 2* atau 1*

      double combine: hari Jum'at, kecuali kalo level 49-nya di luar hari Jum'at

      Delete
    2. ouhhh di pake battle pantes aja, itu mah
      soalnya ane dah itung2 klo di combine2 untungnya dikit banget mending langsung jual....
      but thanks buat info nya....

      keep update ya

      Delete
    3. @Anon: yuppp...dipake battle saja ;-D jadi ga rugi

      Delete
    4. Om klo untuk upgrade gmna ya carany..???

      Delete
  3. Replies
    1. kamu tulis saja id kamu,nanti saya yg add.

      id saya, dirahasiakan, takut makin tenar, hahahhaa... =))

      Delete
    2. Kakak seperguruan,, minta bantuannya dong,, newbie nihh,,, hahaha
      id : Sasake,, add yaa ;b

      Delete
    3. Bang add sya donk id: bernard1101 buat minta bantuan battle player om hehe sorry baru lv 77

      Delete
  4. Bang fahmi, add line saya donk, level 98, ni id saya, doni_awwloa

    ReplyDelete
  5. Salam kenal bro fahmi, mau ngajuin four thumbs up nih buat blognya niat dan detail abis. Hehe. Saya lvl 92 tapi baru tau cara farming coins nih. Thanks bro. Ini ID saya: ernestceline buat bantuan grup XMAS master termasuk CE. Hehehe..

    ReplyDelete
  6. bang saya mau nanya nih punya ane udah lv 80 max semua kgk mau naik-naik,liat punya orang ada yang lv 100 , master giituu ''disitu kadang saya merasa sedih''.... yang saya tanyakan gimana bang cara nya naikin biar master ???.... punya ora g juga ada yng... lv 80 tpi udah master nahh diisitu ane binggung bang :'' .. tolong bang fahmi ye ....ane baru lv 73 ... tolong di add ya nih id saya ''mhmmdlutfidrslm :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mlutfi: tergantung rangernya, bro. Kalo yang level 100, itu ranger dengan 6*. kalo 5* ya mentok di level 80. ga bisa naik level lagi, kecuali di-evolve.

      coba email ke lineranger.id (at) gmail dot kom, biar lebih gampang ngobrolnya

      Delete
  7. Cara jadin master gimana bang sya pemula bang id:jeremia.r.c add ya bang

    ReplyDelete
  8. Add ea id q:adityamampe
    Level 63

    ReplyDelete
  9. Bang fahmi mau nanya kalo mau jdi master gimana cara nya .. bukan rangernya yg di masterin tpi lambang master di deket nama lvl saya ...

    Sekalian di add bang id line saya
    Lvl 74 id: nurambya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sudah lebih dari level 99, nanti jadi ada tulisan Master

      kamu masih level 74, butuh 26 level lagi, nanti jadi Master :-)

      friend saya sudah full...
      maaf...

      Delete
  10. bang saya mau tanya itu event double exp n gold stiap hari selasa n kamis masi ada skarang di season 2? trus friendship point yg battle sm tmen saya dpetnya 5 point, di atas di tulis 50 point. Thanks sbelumnya bang. Blognya berguna, terutama tentang tips ngegacha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di season 2 sudah tidak ada lagi event harian.

      di artikel ini, FP masih 50. sudah saya update di artikel lain, menjadi 'cuma' 5 :-(

      sama2, senang rasanya blog ini berguna! :-)

      Delete
  11. mas Fahmi gimana caranya farming ranger kok saya dptnya material mulu ya

    ReplyDelete
  12. Bang gimana cara ranger menjadi master?

    ReplyDelete
  13. mungkin saya telat ya main lr baru saat ini,, haha,, kak saran buat leveling di lvl 88 gmn ya?,, saya tiap main boost pake 50% exp,, tapi 1 lvl ae butuh sekitar 30 feather itu juga kalo saya main di SS yg boss stage lumayan kencang exp ,, tapi feather cpt habis ... tolong saranya ..


    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh,maaf baru reply.

      sudah clear kan? :-)

      di season 3 sih,makin sulit untuk naik level, karena EXP kian dikit bertambahnya :-(

      Delete
  14. Mas, carannya naikin status biasa ke status Master(M), itu carannya gmn ya ? Mohon di jawab ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mesti naik level dari Level 99 :-)

      Delete
    2. Tapi ada yg dibawah lv99 dapat status master bang. Coba jelasin

      Delete
  15. gimana sih supaya user saya bisa master?

    ReplyDelete
  16. Invit saya kak fahmi id siva_rz butuh bantuan stage nya lvl 75 udah kandas

    ReplyDelete
  17. Susahhhh main line ranger

    ReplyDelete
  18. Id saya kak line : avenged01kb

    ReplyDelete
  19. saya sih masih level 90 udah hampir seminggu gak naik naik :" , cara dpt rangers yg ada tanda ungu di bintangnya gimana ya ?? ane udah punya 2 #update may 2016
    #id line guys :

    ReplyDelete