Monday, April 3, 2017

Bermain LR Secara Efektif

Dear Rangers,

Pagi ini saya mendapat pesan dari omAnanta yg memutuskan pensi bermain LR. Dia meninggalkan pesan terakhirnya, sebelum meninggalkan, seperti skrinsut di bawah ini.


Pernyataannya menjadi hal yg menarik. Karena sedikit banyak, saya juga pernah mengalami di posisi dia, merasa 'membuang waktu' cukup banyak untuk bermain LR.

Dari situ, saya terinspirasi untuk membuat artikel ini, berbagi mengenai cara bermain LR secara efektif, tentu saja menurut saya.

Perlu dicatat: cara saya ini mesti disesuaikan dengan kondisi kalian.

Ok..saya share dahulu kondisi saya.

Level: UM 38
Stok bulkun: 87
Semua upgrade-an dalam kondisi max.



Saya membagi waktu saya bermain LR dalam beberapa bagian, disesuaikan dengan tipe permainannya.

- Jam 21.00 - (max) 23.00 WIB.

Pada jam ini saya menggunakan booster dan memainkan stage2 berikut untuk menyelesaikan misi hariannya. Arena, special stage immortal. Saya juga main battle/pvp untuk menghabiskan bupel dari Arena dan menyelesaikan misi harian battle/pvp. Jika ada bulkun berlebih, saya bermain di stage 23 untuk menyelesaikan misi harian.

- Jam 06.00 WIB.

Sebelum ngantor, saya mainkan stage biasa (di 380 atau 404) untuk memastikan bulkun saya akan full di jam 21.00 WIB. Saya juga bermain battle/pvp, menghabiskan bupel yg ada.

Kadang saya cek guild. Jika ada guardian yg nganggur, saya sikat juga. Syukur2 bisa habis 3 chance sekaligus.

- Jam 12.00 WIB

Usai sholat, saya cek kondisi bupel dan bulkun. Biasanya saya habiskan bupel dan menggunakan sebagian bulkun (memastikan bulkun full di 21.00 WIB).

- Jam 17.30 WIB

Saya cek & habiskan lagi bupel. Terkadang login jam segini untuk mendapatkan reward jika ada event, mis: 30 bulkun atau 10 bupel, atau apapun itu.

Jum'at sore - Minggu sore, saya bermain sesempatnya untuk semua medan, kecuali pvp/battle, saya stop. Itu sebabnya posisi league saya 'cuma' di kisaran Diamond 2 atau Diamond 1. Saya lebih mengutamakan 'family time' untuk week-end.

Itu sebabnya saya menggunakan fast battle (meski dianggap 'anak haram' sekalipun). Agar saya tidak berlama-lama menghabiskan waktu untuk battle/pvp. Cuma butuh 5-10 menit untuk bermain battle/pvp 5x.

Masa main LR mulu? ^_^

Alasan lain kenapa saya skip battle/pvp di weekend, karena untuk main FB saya mesti fokus, tidak boleh diganggu. Salah perhitungan dalam menggunakan item bisa membuat FB menjadi gagal total.

Dengan ritme bermain seperti di atas, biasanya saya habiskan waktu tidak lebih dari 2-3 jam sehari. Itupun maksimal, terutama jika mesti mengotak-ngatik gears, mencek kondisi training dan pembuatan material (jika hendak evolve rangers).

Intinya: saya yg mengendalikan LR, bukan LR yg mengendalikan hidup saya.

So, saya tidak perlu mengganggu jam kerja saya dan jam bersama keluarga saya. Simple kan ritmenya?

Bagaimana dengan kamu? Berapa jam dalam sehari kamu habiskan waktumu untuk ngotak ngatik LR?

Semoga dg tips saya di atas, kalian bisa membuat sendiri ritme bermainnya sehingga tidak mengganggu real life kalian.

Selamat menempuh work day 4 hari ke depan! ^_^

13 comments:

  1. *thumbs up*
    Bener banget mas. Perlu management waktu buat main lr ini. Jangan sampai kita yg disetir oleh lr. Walaupun tak dapat dipungkiri terkadang kita harus ikut arus jika ada event tertentu. Tetapi itu semua kembali kepada pribadi kita sendiri. Apakah bisa memanfaatkan waktu seefisien mungkin. Salute...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, omSpianus.

      saya update sedikit artikelnya, terutama untuk login sore. ^_^

      Delete
  2. Mau tanya Masgan.
    Rangers kolab Batman lego yang bakalan nongol itu "Jelek".
    Bener pa kagak masgan ?
    https://rangers.lerico.net/en/ranger/u459u-batman

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya sudah pernah saya share videonya Batman ini di OA.

      ada skill knock back-nya, jadi mestinya sih lumayan.

      muncul di tgl 10 April 2017, jika merujuk dari info2 yg masuk.

      Delete
  3. Soal Jam bermain LR, ada nih di list ujian dari Budos waktu kopdar.

    Lengkap banget pertanyaan nya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. tssskk...sayangnya saya ga sempat ikut kopdar waktu itu.

      fiuuhhh... -_-

      Delete
  4. Setuju banget sama om gan
    kurang lebih ritme nya sama

    jam 9 - 11 malem
    jam pagi sebelum ngantor
    jam 12 siang buat ngecek

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh...siappp om Rama.

      manajemen waktu memang penting, biar ga berantakan kehidupan nyata kita... ^_^

      Delete
  5. Blh ikut grup LR nya gak min. Pemula btuh bmbngannya

    ReplyDelete