Friday, March 31, 2017

Yang Tersisa Dari Bulan Maret 2017

Dear Rangers,

Jadi, blog ini cukup lama tidak diupdate. Penyebabnya, ya tidak lain dan tidak bukan karena MasGan sedang sibuk sibuk sibuk. ^_^

Sooo...daripada berpanjang-panjang, lebih baik MasGan mulai saja membahas apa-apa yg tersisa dari bulan Maret 2017 ini, karena besok sudah mulai masuk April 2017 dan pagi ini sedang maintenance.

Yang pertama, mengenai puzzle.


Jadi, awalnya MasGan tidak mau mengerjakan puzzle ini karena melihat potensi ini akal2an dev LR untuk ngerjain Rangers. Sebagaimana MasGan tulis di sini, saat itu MasGan merasa ada jebakan betmen.

Soooo...MasGan skip saja event ini. Nah, entah kenapa di hari 3 atau 4 puzzle ini dimulai, saat MasGan sedang farming di stage 308, banyak sekali mendapat potongan puzzle ini. Dalam sehari bisa dapat 5 lebih. Padahal stage 308 itu bukan stage boss lho! Sementara potongan puzzle pertama mestinya cuma didapat di stage boss.

Yasudah...akhirnya MasGan putuskan mencari dan mengumpulkan puzzle pertama, karena ternyata bisa didapat di stage 308 dan peluangnya cukup besar. Dari 5 kali main, bisa dapat 2-3.

Dilanjutkan dengan potongan puzzle kedua di Special Stage Candy Pop, Arena, dan PVP, akhirnya MasGan menyelesaikan puzzle Choco ini.

Lumayan lah...50 ubi dan 1 Choco 7* UE.

Kedua, 'perbaikan' sistem gacha.


Alhamdulillah, akhirnya dev LR sadar bahwa sudah seharusnya di gacha 300 ubi itu, para rangers sampah (masyarakat) itu tidak perlu diikut sertakan.

Saya sendiri sebenarnya sudah mengeluhkan hal ini sejak gacha masih 100 ubi. Saat itu, jika kita gacha 100 ubi, ada peluang kita dapat si Pew 3*.

Oh, well dengan perbaikan sistem gacha ini, bukan berarti tidak ada zonk yak?! Zonk akan tetap ada, tapi mungkin tidak separah sebelumnya.

Ketiga, event Batman Lego.

Ini merupakan suatu kejutan, ketika LR berkolaborasi dengan NON ANIME (baca: kartun Jepang) untuk event mereka!

Konon, menurut omBud, sang penasehat spiritual Jagal, penyebab LR kolab dg Batman ini karena Batman Lego baru ditayangkan di Jepang tgl 1 April 2017. Jadi, yaaa...gitu deh...terjadilah event (menurut MasGan) ABSURD ini!


"Kok absurd sih, MasGan?"

Yaa...karena aneh saja LR kolaborasi dg tokoh non anime. Meski bisa jadi nanti si Batman atau Jokernya keren skillnya. Tapi, yaaa..tetep aneh saja menurut saya.

Isunya sih akan ada GEAR LIMITED di event Batman. Cukup masuk akal, mengingat Batman itu ngoleksi gear banyak sekali untuk membantu pekerjaannya.

Soooo...siapkan (minimal) 600 ubi untuk gacha ranger event ini. Untuk gacha gear....MasGan tidak sarankan, kecuali kalian memang kelebihan ubi untuk dibuang begitu saja. Penyebabnya, gacha gear selalu mempunyai peluang jauh lebih kecil (LEBIH ZONK) daripada gacha rangers.

Anyway, ada yg sempat menduga bahwa event Batman ini event April Mop dari dev LR.


Penyebabnya adalah karena muncul info berikut ini.

Keempat, event ranger baru bulan April 2017.

Jadi begini...mendekati akhir bulan Maret 2017 ini, mendadak muncul gambar seperti ini di bagian gacha.


Tentu saja langsung pada heboh dong dunia LR, mengingat sebelumnya cuma disebut event Batman Lego yg akan muncul di bulan April 2017. Yang membuat penasaran adalah bahwa sudah ada 'perbaikan' dalam gacha, yakni hanya muncul ranger 7* dan 8* di gacha 300 ubi.

Lalu, dev LR mengeluarkan pernyataan 'lucu' berikut ini.


Cieeee...ada bug katanya, cieeee...wakakakka... ^_^

Taktik basi dari dev LR nih...seakan-akan ada bug di bagian tampilan gacha, padahal sebenarnya mereka memang mau rilis ranger baru di April 2017.

Admin OA Jagal akhirnya membuat meme berikut ini.


Dari penjelasan dev LR ttg 'bug' image itu, sudah ada info tentang skill ranger baru, Jessica dan Moon. Tapi ternyata ada isu lain tentang skill Jessica dan Moon, seperti terlihat di bawah ini.



Oya, namanya juga gosip, tidak perlu dipercaya 100%. Tapi jika memang skill si Jessica seperti itu, maka bisa dipastikan akan 'merusak' ritme yg sedang berlangsung di LR. Menghilangkan kemampuan invicibility adalah salah 1 skill yg ditakuti, apalagi jika impactnya permanen. Bisa2 bubar tuh pasukan depan dan tengah (tergantung seberapa jauh area yg dicover skill Jessica ini).

Di OA sendiri sudah banyak yg bertekad untuk mendapatkan Jessica, jika memang skillnya seperti isu, bukan seperti info dari dev LR.

"MasGan mau gacha?"

Gatau deh...pikir2 dulu, hahahha...

Kelima, timeline Rangers.

Seiring dengan berlalunya 3 tahun, maka jika kita melihat info di bawah ini, kita akan bisa melihat betapa banyak rangers yg telah dirilis dev LR.

mestinya ranger Sept 2015 itu BGC, bukan GGC

MasGan sendiri sempat mereview beberapa rangers yg tidak dia miliki di sini. Kecuali Somchai, kemarin2 MasGan sempat dapat. Dan tentunya daftar rangers yg tidak dimiliki MasGan juga bertambah dengan Yulia, tim Conan (kecuali Ran/Rachel), tim FMA, dan terakhir tim Vocaloid.

Oya, ada beberapa rangers lain (non event) yg tidak dimiliki juga. Tapi tidak penting...rangers cemen soalnya, hahaha...

Keenam, gossip kostum rangers.

Menjelang April 2017 ini banyak sekali gosip beredar. Salah satunya adalah gosip kostum rangers. Semoga bukan gara2 Power Rangers rilis sehingga ada gosip kostum ini. Karena terlalu mengada-ada juga fitur kostum ini.



Di OA Jagal sendiri banyak komen yg membuat perut sakit (saking banyaknya bikin ketawa). Nampaknya fitur kostum rangers ini memang cenderung hoax/April Mop.

Jadi, abaikan saja isu/gosip fitur tidak penting sama sekali ini. ^_^

Ketujuh, quote yang keren.

Kali ini bahasannya sedikit melenceng. Jadi, di salah 1 grup LR yg MasGan ikuti, ada beberapa rangers luar negeri yg komplen mengenai 'ketamakan' dev LR dalam menguras dompet para Rangers. MasGan sendiri cukup setuju dg pernyataan ini.

Dev LR terlalu sering merilis rangers baru (tiap bulan) dan polanya yaaa begitu2 saja. Rangers (dan gears) baru dibuat gila2an stat dan skillnya. Sehingga bisa dikatakan umur rangers cuma 1 bulan sebelum akhirnya obsolete dan masuk kandang.


Memang, tidak semua rangers lantas obsolete dan tidak dipakai. Beberapa rangers lama masih bisa bertahan dan cukup menyulitkan jika bertemu di PVP/Battle. Sebut saja Mari, DMS, (dan tentu saja) Kid.

Tapi jika mereka tidak dilengkapi dengan gear mewah (terutama gear FMA), yaaa...gitu2 saja sih.

Nah, si ranger luar ini bernostalgia dengan game2 yg tidak perlu keluar duit banyak. Duit keluar cukup saat membeli gamenya, lalu bisa dinikmati bersama teman2nya.

Dugaan saya, ranger di atas sudah cukup tua, mungkin seumur dengan OmAr atau Abah, hahahhaa... *kabur*

Yaaaa...namanya juga teknologi, pasti ada perubahan. Dan itu wajar...manusia yg mesti adaptasi. Apalagi untuk game, perubahan teknologi benar2 akan mengubah mindset dan cara bermainnya.

Di era internet (online) seperti sekarang, bermain game memang jadi cenderung individualistis. Main sendiri-sendiri di gadget masing2. Meski mungkin sebenarnya mereka terhubung, tapi itu di dunia maya. Jika dibandingkan dengan game PS 1 atau PS 2 (dan PS 3?), main game yaaa mesti ngumpul. Pegang stick dan bertanding, terkadang sambil goyang badan atau tangan sana sini.

Ketika DOTA, CS, dan game2 online muncul, lawan2 kita ada di sana, entah di warnet mana. Tanding dahhhh...hajar sana sini.

Tapi intinya, kita (manusia) yg mesti adaptasi dengan game. MasGan sendiri berusaha tetap adaptasi dengan perkembangan game. Tapi cukup MasGan yg adaptasi...dompetnya ga usah adaptasi. Bisa bangkrut kalo dompet mesti adaptasi.

Cukup menjadi pelit player, hahahha..

Terakhir, JANGAN LUPA GACHA.

"LAAAAHHHH...PESAN TERAKHIR INI KOK ANEH SIH MASGAN?"

Ga aneh sebenarnya. Mengingat battle/pvp makin gila2an, maka sudah saatnya kalian gacha jika posisi/klasemen kalian selalu berada di level yang menyedihkan, apalagi sampai downgrade ke Bronze III.

Yaaaaa ndak apa2 juga sih di Bronze III. Ga akan ditanya juga di alam kubur. Cuma MasGan prihatin saja, masa sampe segitunya kalian2 di Bronze III? Ranger yg kurang canggih? Salah taktik? Stat gear yg rendah?


Solusi paling gampang, yaaa gacha dulu lah. Meski zonk mengintai, tapi kalo kalian free rangers, ga keluar duit, ga ada ruginya gacha. Apalagi dengan perubahan sistem gacha seperti disebut di atas, semoga tingkat zonk makin kecil.

Ok...segini dulu artikelnya. Happy wiken...selamat ketemu event baru di April 2017 dan siapkan ubi kalian untuk event! ^_^

Update 15:06, berikut ini video Ranger baru April 2017. Credit: Modtalkative.


4 comments:

  1. untuk skill acolyte jessica, paladin moon, batman sudah ada di lerico line rangers handbook

    ReplyDelete
  2. Kalo skill jessica beneran kayak gitu sepertinya harus dapet nih, secara banyak banget lawan pvp pake Dennis, Mari, plus New Year Cony yg kalo digabungin bahkan GCC dan Mage James bener2 kepayahan. Saya yg awalnya ada di diamond II langsung turun ke platinum I digempur shield mereka bertiga

    ReplyDelete
  3. Kayaknya skillnya Jessica gak stun deh. Pasti itu minjem raganya Daniel. XDDDDD

    ReplyDelete
  4. Baru habisin 1500 Ruby buat nyari Acolyte sama Paladin, ternyata ada event kolaborasi lagi

    ReplyDelete