Friday, April 17, 2015

Grup Versus Clan

Dear Rangers,

Saya hendak share mengenai 'perbedaan' antara grup dan clan. Kadang saya melihat masih ada ranger yang salah paham dan tidak bisa membedakan grup dan clan.

Secara singkat saya bisa katakan, grup adalah kumpulan ranger dari berbagai clan. Sementara clan adalah kumpulan ranger yang punya motivasi/visi misi/tujuan yang sama.

Saya ambil contoh RBT, 100#nUBI, Jagal, LRO Evolve.

RBT adalah contoh clan. Ranger yang berkumpul di sana, punya tujuan yang sama, yakni battle untuk meraih posisi tertentu. Entah ubinya ataupun masuk global.

Para anggotanya MESTI menggunakan dan mencantumkan RBT di nama mereka. Propicnya mesti mengandung unsur RBT, ya pokoknya yang exclusive gitu deh...!


Sementara 100#nUBI berada di kawasan abu-abu. Awalnya, 100#nUBI merupakan grup, kumpulan ranger dari berbagai clan. Namun seiring dengan berjalannya waktu, 100#nUBI condong berubah menjadi clan. Apalagi setelah kemunculan propic khusus edisi 100#nUBI yang dibuat oleh om Aswar.


Beberapa Nubi mencantumkan angka 100 di nama mereka. It's ok...no problem. Apalah arti sebuah nama, kalo kata si Sekisper.

Yang jelas, ekslusifitas 100#nUBI tidak kalah dengan RBT. ;-)

Masuk ke Jagal.

Meski sama-sama di daerah abu-abu, Jagal masih cenderung termasuk ke dalam kelompok grup yang fokus pada target tertentu (200 ubi). Di sini ada single fighter, ada dari RBT, 100#nUBI, bahkan ada om Lao, ranger dari Taiwan.

Oh, dia bukan orang Taiwan, tapi orang Indonesia yang bekerja di Taiwan.

Di Jagal, sejauh ini tidak ada propic khusus. Palingan saat Jagal (Senin pagi), beberapa rekan mengubah nama mereka dengan mencantumkan JGL. Tujuannya simple, agar mudah dilihat di ranking list sehingga mudah menginfokan posisi/ranking.

Yang pure grup adalah LRO Evolve (dan LRA Indonesia). Di sini banyak berkumpul rangers dari berbagai kalangan. Tidak ada tujuan khusus untuk battle (meraih ubi/mencapai top global). Yang penting sharing info mengenai Line Ranger (atau hal-hal lain).

Tidak ada pembatasan member/anggota yang ingin bergabung, kecuali diselidiki dahulu apakah dia berpotensi menjadi kicker atau tidak. Tidak heran om Yosan bekerja begitu keras untuk menyaring calon member baru. Trims om Yosan.

So, membedakan grup dan clan relatif mudah. Jika sudah mencantumkan propic atau nick/alias khusus, biasanya termasuk clan. Tapi jika tidak ada aturan seperti itu, kemungkinan besar tergolong grup.

Selamat wiken...! :-)


9 comments:

  1. Masukin saya k grub atau clan donk mas
    Kali aja saya punya potensi
    Hehe
    Id: radiansah71

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan kontak om Yosan, untuk gabung di 100#nUBI.

      semoga diterima :-)

      kontak om Yosan ada QR code di artikel 100#nUBI ya?!

      Delete
  2. Mas fahmi saya pengen gabung ding di group LRO evolve :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. idem...kontak om Yosan.

      dia seksi pendaftaran di grup :-)

      Delete
  3. ms fahmi kalo ngeupload video lineranger melanggar hak cipta tidak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. video line ranger seperti apa?

      saya sih mengupload video battle ataupun stage, tidak ada masalah :-)

      Delete
  4. On yosan kalau bisa invite saya di nubi

    ReplyDelete