Tuesday, May 31, 2016

Mega Update: Kehadiran Leonard Lab, Perubahan2, Dan Strateginya

Dear Rangers,

Sudah pada update LR-nya? Bagaimana? Seru? Pusing? Hahahha...jangan kuatir, MasGan juga campur aduk perasaan antara senang, seru, dan pusing. Apalagi sedang persiapan untuk testing project. *halah, malah curhat*

Jadi semuanya diawali dari mega update hari ini, yang 'sukses' molor 2 jam dari semula maintenis 5 jam (jam 05.00 WIB, yang dimajukan ke jam 04.40 WIB) dan selesai di jam 10.00 WIB, ternyata baru bisa mengakses LR jam 12.00 WIB.


Ternyata sudah versi 4.0 saja si LR ini. Saya jadi curiga, jangan2 LR sudah masuk season 4? Coba diperhatikan ulang deh. Season 1 versi 1.xx, lalu season 2 versi 2.xx, season 3 terakhir kemarin versi 3.10. Dan ini sudah versi 4.0.0, maka mungkin sudah masuk season 4 yak?

Oh, ok...lupakan season2an ini. Muncul tampilan berikutnya, update resources.


Lebih dari 9000 resource baru mesti didownload. Suatu siksaan bagi Rangers yang koneksi/sinyalnya empot2an. Iya kan, omFiz? Singsabaro... :-)


Reward 50 ubi ini sebenarnya menyedihkan, karena kita kena PHP selama 2 jam. Tapi ya apa boleh buat...kita bukan berada di posisi yang bisa menawar. Terima saja, hehehe...


Kita mendapati informasi adanya MEGA UPDATE. Hmmm...melihat tampilan fitur yang disajikan, memang layak disebut mega update. Karena saya yakin, fitur-fitur baru ini akan mengubah (lagi) peta permainan Line Rangers, dari game yang (semula) sederhana menjadi (semakin) kompleks (dan ruwet).


Bagian yang paling menarik dicek adalah friend invitation. Di artikel lalu, saya sempat 'salah duga' bahwa tidak ada reset friend invitation. Namun di bagian announcement, ternyata disebut bahwa friend invitation direset. Dan itu benar!

Buset dah...lama bener friend invitationnya direset. Jika saya tidak salah hitung, lebih dari 6 bulan sejak reset friend invitation yang terakhir.





Bagian menarik lainnya adalah upgrade. Berhubung saya sudah 99 SM, maka saya segera upgrade fitur2 penting, terutama 3 fitur baru, Strength Type, Agility Type, dan Intelligence Type.

Dan tadaaa...tampilan awal saya menjadi seperti ini.


Keren juga yak?! :-)

Berikutnya, ada tambahan icon di menu kanan atas, yakni icon "LAB".


Dan pada saat masuk ke Lab, maka akan muncul menu2 berikut ini.



Ada 4 fitur sub Lab yang ditampilkan saat ini. Crystal Lab, Material Lab, Training Center, dan Secret Lab. Apa yang disebut omBud, sang penasihat spiritual Jagal, di artikel ini ternyata benar adanya. Juga yang disebut omAr mengenai Training Center.

Di bagian Crystal Lab, ranger-ranger kita akan 'diesktrak' menjadi 3 gems. Gems putih, biru (hijau?), dan ungu, yang akan berguna untuk Ultimate Rangers.

'Asemnya', saya main pencet2 saja. Walhasil ranger Cony 7* saya (sebelum jadi Kuda Lumping) menjadi korban. Asemik dah...dodol kecap!



Di CL ini, ternyata tidak cuma Rangers yang diekstrak. Tapi juga gear dan material. Maka beruntunglah yang sudah kolek2 material dan gear. Saya sendiri sudah menjual banyak material untuk keperluan upgrade. Menyesal? Ah...tidak terlalu. Just a game.

Omong-omong mengenai ekstrak, kok saya jadi ingat iklan ekstrak kulit manggis yak? Hahahahha...


Di CL kita juga bisa melakukan levelling (menaikkan level) lab. Dari info di atas, butuh waktu 15 menit untuk upgrade ke level 02 dengan peningkatan % extract gems putih, biru/hijau dan ungu.

Lanjut ke Material Lab (ML).




Dari gambar di atas, ternyata ML berguna untuk mengubah material 'biasa' menjadi material yang dibutuhkan untuk evolve Ultimate Rangers, sebagaimana terlihat dari tab yang nampak di bawah ini.

di tab kiri atas ada material untuk ultimate dan reguler

Sama seperti CL, maka ML juga bisa diupgrade, dengan output: mengurangi waktu pembuatan material.


Lanjut ke Training Center (TC). Ada 4 slot yang bisa kita mainkan. Caranya? Cek keterangan di bawah ini.



Jadi inti TC mirip dengan menyuruh para Rangers kita 'merantau' untuk menuntut ilmu agar bisa meningkatkan skill.


Saya belum mencobanya, jadi belum tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk TC ini. Output dari TC, kita akan mendapatkan banyak rewards seperti terlihat di gambar di atas.


Di atas merupakan salah satu penampakan mengenai TC. Untuk mempercepat proses trening, kita dipaksa mengeluarkan 5 ubi. Mureeeehhh...


Idem, TC juga bisa diupgrade dengan output sama seperti ML, mempercepat waktu upgrade.

Terakhir, Secret Lab (SL).



Sepemahaman saya (dan hasil percobaan Rangers di beberapa grup), SL ini semodel gacha. saya belum bisa memainkan karena gem putih saya baru 40, sementara dibutuhkan gem hijau sebanyak 100. Dengan kata lain, saya mesti MENGEKSTRAK (rangers/gear/material) untuk mendapatkan gem-gem yang dibutuhkan untuk itu.

Cape deeehhh...banyak bener PR-nya yak? Bisa-bisa pensi nih kalo LR menjadi terlalu ruwet.

Untuk menu filtering di my team, ada perubahan seperti terlihat di bawah ini

Ada tambahan Ultra evolve.

Sudah selesai? Ohh...belum...masih banyak informasi tambahan lainnya.

Dimulai dari reward ranger di shop. Banyak kejutan menanti di sana!

Saya sempat membuat kuis di OA Jagal mengenai reward ranger ini. TIDAK ADA YANG BENAR 100%. So, apa saja reward rangernya? Cekidot!

Supan jadi lebih murah 20 rebu gems. Muncul Gokong 7* sebagai reward

Di sini Sky Rider muncul sebagai reward. Cocok untuk dibikin IM, lalu diekstrak

Embe dan Sunam menjadi reward di Arena. Lumayan lah!

So, jika saya lihat reward rangersnya, dev LR ingin 'memudahkan' para Rangers untuk membuat Ultimate Ranger. Tidak percaya? Mari kita cek reward specs.




Bagi yang IM, Gokong, dan Embe belum SM, ini saatnya kalian bisa bikin SM, entah melalui specs atau ranger rewards. Saya pribadi menyarankan bikin SM melalui rewards karena specs lebih sulit mendapatkan reward yang diinginkan.

'Apesnya', usai mega update ini, SUPAN MENJADI MUREEEEE....!!! Jika sebelumnya hanya muncul di reward battle/pvp, maka kini Supan muncul di specs juga.

Menyesal ga ikut event Sule beberapa waktu lalu? Saya pribadi tidak terlalu menyesal. Saya BUTUH Supan (dan Suju) saat itu, jadi mengorbankan beberapa ribu ubi tidaklah masalah. Toh ubi gratisan ini, tinggal nyari lagi. Bener kan? Hehehhee...

Oh well...artikel ini sudah mendekati penutupan. Masih tetap baca kan?

Hal keren lainnya adalah Ultimate Rangers dan penambahan skill rangers.





Bisa dilihat tambahan skil yang dimiliki oleh ranger-ranger membuat mereka kian digjaya dan keren. Terutama penampilan beberapa ranger yang 'berubah' menjadi bentuk Ultimate seperti Gokong di bawah ini.


Di bawah ini bentuk Ultimate beberapa Rangers lainnya.





Bagian ini saya belum paham. Mungkin nanti ada yg bisa share di komentar.

buset dahhhh...bakar 19 ubi untuk mempercepat. preetttt...!!!

Crystal yg berhasil diekstrak dari Rangers

Reward specs

Penampilan Ultra Leonard.



Hal yang menyebalkan dari mega update adalah dampak terhadap battle/pvp.

KIAMAT SUDAH MAKIN DEKAT UNTUK TAKTIK FAST BATTLE, kecuali kamu sudah punya Ultimate Rangers.

Pengalaman saya sore ini, dari 5 kali battle, FB hanya sukses 1x. Sisanya saya mesti berjibaku dan putar otak menghadapi lawan-lawan (yang dulunya lemah).

Setidaknya ada 2 hal yang membuat FB menjadi lebih sulit:

1. AI makin pintar.
Usai mega update ini, tidak jarang tower musuh sudah tinggal 1x crit, eehh...dia keluarkan skil invi. Bubar deh FB!

2. Cooldown time yang makin lama.
Beberapa ranger mengalami penurunan waktu CD yang signifikan. Jika biasanya saya bisa keluarkan 2-3 Kuda Lumping dalam 1x FB, kini hanya bisa 1 Kuda Lumping. Asemik benerrr...!!

Mesti segera bikin Ultimate Rangers jika begini caranya!

Oke, ini bagian penutup.

Melihat begitu banyak update dan 'keribetan' upgrade ini itu, ekstrak sana sini, lalu apa yang harus dilakukan?

Ada baiknya kita mencermati dan mengikuti 'nasihat' om Spianus berikut ini:

1. Crystal itu mahal. Hanya bisa didapat dari extract ranger/gear/material biasa.

2. Agar lebih efisien, extract ranger yang ada skilnya. Level ranger tidak berpengaruh.

3. Statistik Ultra/Ultimate Ranger sangat tinggi. SEGERA bikin!

4. Untuk mempercepat punya Ultimate Rangers, banyak bermain di Secret Lab. Tapi hati-hati, banyak membutuhkan Crystal. Cukup bermain 3-4 kali saja.

5. Material khusus untuk membuat Ultimate Rangers hanya bisa didapat dari ML. Butuh Crystal jugak!

6. Untuk max level ranger, lebih baik gunakan sule daripada menggabungkan ranger yang sama.

Ok, selamat bereksperimen. Nampaknya puasa tahun ini akan lebih banyak menghabiskan waktu coba sana sini.

Oh well...silakan saja, tapi bagi Rangers muslim jangan sampai lupa ibadah taraweh dan lain-lain yak...?? :-)

Fiuuhhh...akhirnya selesai juga artikel ini. Cape bener admin ngetik dan skrinsut sana sini.

Semoga berguna artikel ini!

23 comments:

  1. Kiamat makin dekat nih buat para free player. Segalanya butuh uang. Koin, Ruby, Gear, Material, semua jadi penting. Tanpa salah satu item tersebut, eksperimen pun bisa tersendat. Saya gak tau mesti senang atau malah sedih. Yang paling disayangkan cooldown jadi melambat.... Dev LR kelihatannya lebih mengutamakan Ultra Rangers nya saat ini. Dan 'memaksa' para rangers untuk menggunakan Ultra Rangers.
    Btw, kira-kira Besok akan ada New Rangers tidak ya? :3

    heiro25

    ReplyDelete
  2. Masgan, cara dapetin Ultra Leonard selain dari Secret Leonard Lab ada lagi ngga? Selain itu, apa efek dari memberi 20 Ultra Leonard ke ranger ultra-evolved? Dan apakah Ron ultra-evolved dapat diberi makan Ron SM biasa untuk ada perubahan max level?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sm ky sule itu ultra leonard sih, ranger ultra naek 5 max-lvl ny tiap dikasi 1 ultra leonard, status ranger pun naik.
      Klo dikasi 20x, naek ny 100 lvl. Ky ranger ultra *8 max lvl ny bs sampe 240.

      Delete
  3. nampaknya training center tidak banyak pengaruhnya terhadap ranger. saya sudah coba dan hanya menaikkan sedikit xp saja dan itu harus menunggu agak lama. saya juga hanya dapat dole *6 dan *1. lebih baik levelling biasa kalo menurut saya.

    ReplyDelete
  4. KaLo Liat di notice hari ini, dev nya confirm kaLo LR skrg udah season 4 tuh,masgan..

    ReplyDelete
  5. Waduh makin pusing ajaa nih main LR

    ReplyDelete
  6. Yaay... LR udah masuk season 4.... :v
    GuildBattle mungkin akan available saat season 5.
    Oh ya, menurut masgan ranger baru, Si Cupid Cony itu bagus gak ya?

    heiro25

    ReplyDelete
  7. Iya nyoba extract rangers semua, ga taunya ilang semua.. ternyata semacam jual ranger ditukar crystal.. dikira *ekstrak aja semacem diperes* sedih deh ilang semua rangersnya dan gearnya.. jd males maen..

    ReplyDelete
  8. Itu special stage sulitnya bukan main skrg....kejar yang hadiah sunam saja modar...hp 200.000 mokad kena seklai tembak tower...ada tips?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake scott-detector brown buat tumbal om, trus blakangnya siapin tipe2 agi macem sindy, SAB, sheep, lucas, dll sm pasang gear buat nambah crit aja om,tembus lahh itu hihihi,kl masi blm, awal2 main kasi invie dulu, abis itu tornado sm es, trus meteor deh skalian biar aman,intinya tower2 yg ditengah mesti kita ancurin duluan lahh,sbelum musuh yg ancurin,kl tower tengah dah kita kuasain 2 tower aja,dah lumayan ngebantu tuhh hihihi

      Delete
  9. Invite id ane : gakw ini akun yg dulu , yang sekarang: fep_slaludihatiku(iya ini lebay--") saya dulu kenal mas gan dari grup line , masih ingatkah , nama saya haqi

    ReplyDelete
  10. Add id ane :fep_slaludihatiku , saya dulu kenal mas gan dari grup line , nama saya haqi id lama : gakw

    ReplyDelete
  11. Udh ada yg ketemu tower item?
    Itu tower ngehitnya kya ngehit boss raid :D

    ReplyDelete
  12. bro Fahmi, itu feather 2k+ gimana caranya T_T. butuh feather buat farm special stage nih haha

    ReplyDelete
  13. Feather 2k+ dapatnya dari Friend Help , simasgan tiap harinya dapat ribuan FH . Hahaha .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dapat ribuan friend help pun tidak guna, Karena per hari hanyaa bisa beli 20 bulkunn,. Itu hasil tabungan masa2 malas main, tidak hari login hanyaa nabungg bulkunn aja...

      Delete
  14. Main secret lab 9x, habiskan crystal 51100, dapat embek. Ultra evolve Dan ultra Leonard bintang 7, habiskan semua material extract ke crystal, ketagihan ama secret lab.

    ReplyDelete
  15. buahahahaaa baru baca update blognya masgan euyy hihihi, saya player gratisan, liat update season 4 ini malah jd makin semangat aja hahahaaaa , kl yg lain kbanyakan pd mikir buat pensi , saya malah mikir ni update justru makin memanjakan free player hahaaaaa, abisnya nambah lg fitur2 baru buat bisa memperkuat rangers2 yg ada, cuman kuncinya ya itu, free player kl gak sabar2 bgt maininnya yaa kata "pensi" tinggal menunggu waktu aja lahh wwkwkkwk, pokoknya mantaps lahh game LR ini,dr sejak akhir2 season 1 ane mulai maen smpe skrg masii tetep enjoyy,game android pertama yg ane mainin jg dan dr sekian game lain yg ane mainin,cuman ini aja yg bertahan ane mainin terus wkwkwk , semangat buat player2 yg lainnya jugaa

    #salam rangers

    ReplyDelete
  16. gan gimana caranya masuk clan line ranger ya? ato punya cp clan gitu biar saya bisa masuk, saya stage 328 levelnya master 37 cukup gak yah biar bisa masuk clan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. omMichael, yang penting punya niat untuk bersama2 membangun guild dan kompak. Kalau merasa kompak, silahkan hub saya saja spy_1603.

      Delete
  17. untuk SS cube lvl 5,6 (yang tower awal panah/ijo), pake ranger lowbies, saya pakai Scott, Pinky Princess (int), Lucas sama Boss (Agi), plus Asuka (bisa diganti Int/Agi SAB)

    keluarkan semua ranger itu, sampai tower pertama kita kuasai.. saat ke tower dua, biasanya musuh sudah maju, dan akan coba rebut towernya, coba di FREZEE, setelah itu jalan seperti biasa aja.. pakai cara ini bisa menang kok..

    nah untuk tower 3,4 (yg tower awal merah-stun), begitu kluar, lsg aja pasang invisible, sampai tower nya kita kuasai.. maju sebentar (kalau perlu frezee) udah berhasil..

    pakai speed x2 utk kondisi di atas juga ttp berhasil kok.. Selamat mencoba!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah itu pake gearnya gimana bang? ane ga tembus2 nihh SS cube nya -_-"

      Delete
  18. Bang, boleh minta update in postingan isi hadiah training center lab yg lengkap gk?
    Saya mau tau hadiah isi hadiah kalo udh level 20an nih, mau upgrade takut sia-siain crystal nih, hehe
    Btw salam kenal rangers, add id saya ya udh level ultra 5 nih hikmatiarafid_

    ReplyDelete