Monday, January 30, 2017

Yuk Melihat Apa Yang Berubah Usai Update 25 Januari 2017

Dear Rangers,

SELAMAT HARI SENIN (SORE)!

Jadi ceritanya dimulai dari info yg diterima di akhir bulan Desember 2016 lalu (link hanya bisa dibuka di gadget yg sudah ada aplikasi Line). Di sana disebutkan bahwa tgl 25 Jan 2017 akan ada update dan perubahan yg dilakukan dev LR.

Saya sempat bahas (tidak detail) di artikel sebelum ini. Dan kemarin, update telah dilakukan.

Mari kita lihat satu per satu apa saja update yg dilakukan oleh dev LR.

Tapi yang pasti adalah update kali ini MEMBAWA BENCANA bagi battle/pvp. Sebabnya nanti kita bahas di bawah.

1. Sebelum maintenance dan update.

Jadi sesaat sebelum update, saya sempat skrinsut kondisi terakhir battle saya. Cukup aman mestinya, meski biasanya poin setelah reset akan drop 200-300. Downgrade ke Legend 2 ndak buruk2 amat lah. (poin 1)

Maintenance dimulai jam 6 pagi. Seperti biasa, dev LR molor/ngaret jam maintenisnya. Sebagai kompensasi, kita diberi 50 ubi. Lumayan lah. Setelah dapat info reward 50 ubi, kita diharuskan update apk LR dari play store. (poin 2)

Sekitar jam 11 saya baru bisa login. Resource yg mesti didowload cukup banyak juga. (poin 3) Oya, dev LR menambahkan ranger pembuka. Tidak saja si Thunder Brown at Robin Hood Moon, tapi...silakan lihat sendiri deh


Poin 4 informasi ttg ubi yg kita terima. Sementara poin 5 dan 6 menunjukkan event yg digelar dev LR, yakni tripled zonk odd, diskon ubi, serta stage dan special stage baru.

Poin 7 menunjukkan tampilan home kita. Tidak banyak perubahan selain jumlah koin kita jadi terlihat lebih 'jelas', tidak sekedar 9,999,999 lagi. Sementara untuk tampilan ubi masih 'stuck' di angka 9,999.

Bagus lah...jumlah total ubi saya jadi tidak terekspos, hahahh... ^_^

2. Reward dan misi harian

Saat saya masuk ke mission, ada 2 misi baru yakni extract material dan combine gear. Tidak terlalu menarik, tapi yaaa lumayan. Sisanya misi yg pernah diluncurkan dev LR.


Masuk ke bagian PVP, reset battle dan voila...saya dapat 280 ubi. Gajian yg lumayan, heheheh...

3. (tampilan) Gacha

Tampilan gacha mengalami perubahan yg signifikan. Menarik dan dibuat simple. Tapi menurut saya percuma jika tingkat zonk-nya masih tinggi, hahahah...


4. Tim 1, 2, 3, dan defense

Hal yg paling menggembirakan adalah munculnya tambahan tim dari 'cuma' 1 tim serang, lalu 1 tim serang + 1 tim defense, dan kini 3 tim serang dan 1 tim defense.


Saya sendiri menggunakan formasi tim sebagai berikut:
Tim 1 = tim battle
Tim 2 = tim raid
Tim 3 = tim special stage + stage, termasuk untuk levelling ranger

Ada yg memprotes susunan tim saya di atas, saat saya share di OA. Simple saja sih penjelasan saya mengapa urutannya seperti itu.

Jika kita salah pilih tim, defaultnya tim 1 yg akan muncul. Dengan asumsi bahwa tim battle disusun dari ranger2 terkuat, maka mestinya tim 1 bisa fleksibel untuk berbagai kondisi, apakah raid ataupun special stage dan stage.

Simple kan? Enak kan? ^_^

5. Mengenai Raid

Usai update kemarin, raid saya tidak cukup cemerlang, padahal saya menggunakan tim yg biasa saya pakai.

Tapi ya sudahlah...namanya juga ada faktor untung2an saat raid. Dalam hal ini, saya tidak cukup beruntung untuk mendapatkan damage yg besar.


6. Bencana di battle/pvp

Nah, ini bencana yg dialami mayoritas Rangers. Rangking mereka nyungsep gila2an!

Dan ini saya alami sendiri, seperti terlihat dari skrinsut di bawah ini. Betapa menyedihkannya, dari Legend 1 ke Platinum 1, dan itu mesti berkutat dg battle yg poinnya < 5.


Dampak dari kekacauan point battle ini, saya memutuskan tidak battle lagi hingga 28 Januari 2017. Selain karena ada urusan keluarga, saya sudah melakukan perhitungan bahwa tidak worth utk battle mati2an (tanpa bakar ubi, tentunya) demi kembali ke posisi Legend 1.

Akan saya bahas lebih detail di artikel berikutnya yaaa...?!

7. Perubahan di Special Stage

Ada sedikit perubahan di special stage, terutama di bagian reward rangersnya. Specs Maze, yg semula menjadi specs andalan untuk meraih exp dan coin, digantikan oleh specs Immortal Skull. Yuuupp...specs lama yg dipoles kembali oleh dev LR.



Ada 2 hal yg menyebalkan dari perubahan specs ini.
1. Nilai coins dan exp mengalami korting/diskon yg luar biasa. Iya sih, bulkun yg dibutuhkan juga tidak semahal sebelumnya. Tapi kalo kamu main Immortal 6 (dengan pake kaleng), kamu bisa lihat kenaikan (exp) level sangat sangat menyedihkan... T_T

Demikian juga coin. Diskonnya mencapai 50%+, dari yg semula 300k+ menjadi 180+.

Terus terang, saya jadi kehilangan minat bermain specs, apalagi ditambah dengan alasan kedua ini.

2. SAYA GA PERNAH DAPAT CREATOR CONY ATAUPUN EDWARD KAPAL SELAM! Asemik bener dah dev LR!!!!!!!!!

8. Berubahnya harga bupel

Dev LR banyak memberikan diskon. Tidak saja exp dan coin seperti saya sebut di atas, tapi juga ke bupel.

Kalo ini sih diskonnya sebenarnya 'pura2' saja...karena ujung2nya menguntungkan mereka. Jadi saya no komen saja deh...wekkekeke...


Tapi jika dilihat2, sebenarnya diskon bupel ini berkaitan erat dengan perubahan poin PVP/Battle.

Kok bisa? Nanti kita bahas yaaa...?!

9. Perubahan tampilan rincian Rangers

Tidak terlalu menarik sebenarnya perubahan tampilan ini. Enaknya cuma 1, kita bisa tahu tim defense lawan seperti apa sehingga kita bisa menyiapkan tim yg mumpuni utk melawannya.

credit: Keith Lee

10. Rangers reward di stage baru

Gara-gara perubahan ranger reward di stage baru ini, saya berhasil membuat Dwight saya SM, hahahah...padahal saya ngincer si Jessica babi. Tapi tenang saja, saya akan terus mencoba bermain stage untuk membuat GoJess. (APA? GA TAHU GOJESS? Coba follow OA Jagal, biar kekinian)

credit: Keith Lee

11. Treasure di stage baru

Treasure baru, menurut hemat saya, tidak banyak berpengaruh. Naiknya cuma berapa % sih?


Toh, kalo treasure ga 100% rasanya ada yg kurang. Masalah gengsi saja sih kalo ini mah, hahahha...

12. Hoax(?) tampilan Home

Sempat beredar tampilan home dengan latar belakang salju. Kenyataannya, tampilan ini tidak pernah ada. Atau barangkali saya yg tidak tahu?

credit: omPpany

Kalo dipikir2, tampilan home bersalju jelas ketinggalan jaman karena musim dingin (dan Natal) sudah berlalu.

Ya sudahlah...ga penting2 amat sih tampilan mah. Gacha ga zonk itu lebih penting, hahahaha...

13. Season 5? Not yet....I think

Sempat beredar info grafik seperti di bawah ini.


Melihat info grafik di atas, saya jadi nostalgia. Apalagi saya sempat menemukan file2 rekaman battle di season 1.

Bagi saya, season 1 dan 2 adalah season dg battle terbaik. Keren beud laahhh...!! Apalagi saya berkesempatan masuk top 100 global dg cerita epic-nya. Dan saya tidak yakin saya mau utk kembali berkiprah ke top 100 global. Selain karena waktu yg tidak mencukupi, passion saya utk battle sudah tidak setinggi dulu, apalagi untuk masuk top 100 global.

Ranger2 saya tidak cukup kompetitif.

Oke, kembali ke masalah season2an.

Bagi saya sebenarnya sudah clear bahwa season di LR ditandai dg update yg cukup major.

Season 1: the beginning
Season 2: ada evolve ranger
Season 3: ada guild
Season 4: kemunculan lab

Season 5 semestinya muncul bersamaan dg guild war. Tapi mengingat tampilan guild war saja dihapus, saya jadi bertanya-tanya, apa yg akan ditampilkan dev LR di season 5?

Bagaimana menurut kamu?

Artikel berikutnya:
Membahas lebih dalam (pengurangan poin) PVP/Battle.

8 comments:

  1. Kalo saya bisa buat SM Cobe berkat new stages.
    Btw gara MT itu, jadi harus mencicipi rasanya Platinum 3. X'D Dev emang gitu.

    heiro25

    ReplyDelete
  2. Makin susah naikin Tropy kalo di potong terus

    ReplyDelete
  3. mantap ulasan dari masgan..ini dia yang menjadi hiburan di tengah zonk dan bosannya main LR..kalau ada ulasan seperti ini rasa bosan juga berkurang...udah mulai bosan saya karna gaji kecil, zonknya besar..tapi wajarlah saya kan free player..jadi jangan banyak nuntut..dev kan mau foya foya..eh perlu nafkahi keluarga maksudnya

    ReplyDelete
  4. Terima kasih untuk ulasannya.
    Btw, penambahan exp di main stage ( level akhir) dan special stage (paling difficult) sekarang lebih banyak mana ya?
    Lalu hari ini maintenance lagi ya? Wah, sebulan 3x maintenance.. He3

    ReplyDelete
  5. Ranger ultra Miku skill dan statnya kurang bagus, sejauh ini event kolaborasi paling mantep ya Conan. Kid, Ai, Conan, Ran bener-bener bermanfaat

    ReplyDelete
  6. 2x gacha setelah update kemaren kaga zonk :) langsung dapet 4 ranger ultra +8 (Immolator Daniel, Creator Cony, Secret Submarine Edward, & Super Hero Moon), 3 ranger ultra +6 (Succubus Cony, Space Pirate Sindy, & White Witch Clara), Lucky Cat Sally, Native American Jessica, sisanya ranger +6

    Kalo PvP itu parah banget, dari diamond II turun ke gold III terus PvP ketemu lawan yang poinnya kecil-kecil alhasil cuman +2 terus tapi sekali ketemu lawan kuat (setara poinnya) sekali kalah -19.

    Event Miku kayak yang ane bilang tadi rangernya kurang bagus begitu juga gear nya, yang paling bagus menurut ane sih gear (accessories) gear Fox 2017 (Magical DEF+68.0%-73.1% Physical DEF+66.0%-73.3% HP+43.0%-58.5%)

    ReplyDelete
  7. Min kabar colab dengan vocaloidsnya gmna?
    SM lv 73
    Id : ahmadifanfauzi

    ReplyDelete