Thursday, December 17, 2015

Lebih Rinci Mengenai Battle (PVP) Di LR Season 3

Dear Rangers,

Ada hal yang menyenangkan dari pvp/battle di season 3 ini, yakni kita BISA BALAS DENDAM!

HEH? MAKSUDNYA?

Ya, di season 3 ini, tim dev LR menyediakan fitur baru, berupa tombol "Revenge" yang muncul di historical battle. Selain itu, ada juga tombol "Replay" yang berfungsi melihat rekaman battle kita.

Nah, sejak season 3 ini berlangsung, saya sudah beberapa kali 'cari musuh' karena darah saya menggelegak saat mengetahui tim ranger saya bisa dikalahkan oleh lawan. Di akhir Nov 2015, saya berseteru dengan Ken, seperti terlihat dari catatan di bawah ini.


Sementara sejak awal Des 2015, usai battle direset, saya terlibat baku hantam balas dendam dengan beberapa ranger, seperti Yuko, Vaness, Gaga', Marco, dan juga ranger dari Indonesia, Shela. Saya sempat mencatat perseteruan saya (yang lumayan seru ini) pada gambar di bawah ini.

masuk ke Gold 1 dg modal balas dendam :-)

demi mengalahkan saya,Marco menggunakan guardian
*ge er*

Pengalaman saya, lebih enak melakukan balas dendam, namun mesti diperhatikan hal-hal berikut:

1. Kamu kalah dengan poin kecil.
Ini artinya lawan kamu berada di posisi/rank lebih tinggi. Dengan balas dendam ke dia, maka kamu akan berpeluang mendapat poin yang lebih besar. Cek saja poin saya vs Yuko. Saya kalah -8, tapi bisa mencuri poin hingga +34 dari hasil balas dendam saya ke dia.

2. Tim ranger kamu sudah kondisi maksimal.
Meskipun ranger kamu belum SM, tapi setidaknya sudah di level max. Misal utk ranger 8* sudah di lv 120, dst. Ada baiknya juga sudah dilengkapi dengan gear dan accessories. Oh, well...saya sendiri BELUM memasang gear dan accessories ke ranger2 saya. Masih belum paham...asemik daahh...!! :-( Toh, ternyata saya masih cukup jago, bisa meraih Gold I, hahahha... *

3. Guardian kamu cukup mumpuni.
Oh well...ini sebenarnya hanya opsi saja. Kalo ndak pede dengan tim kamu, bisa pakai guardian meski sebenarnya guardian tidaklah sehebat yang dibayangkan karena sekarang rata2 guardian masih di level 4 (cmiiw).

4. Intip dulu tim musuh yang mengalahkanmu.
Kalo yg ini sebenarnya hoki2an. Tapi dari pengalaman saya, kadangkala musuh lengah, memasang tim levelling ranger. Di bawah ini ada skrinsut dari om Rendz, yg sempat mengabadikan kelengahan musuh yg mengalahkannya.

ga mungkin kalah dg tim levelling ranger spt itu.
kalo masih kalah,kebangetan! hahahha...

Terkait taktik battle, seperti saya pernah tulis, fast battle tidaklah berguna lagi di season 3 ini. Tapi, taktik yg mirip2 fast battle masih bisa digunakan kok!

Berikut ini taktik 'FB' yang saya pakai di season 3.

FB di season 3, tetap beresiko kena serangan balik

Strategi lain adalah strategi 'mendasar', yang biasa digunakan di season 1, menaikkan level hingga max (level 8), baru keroyokan nyerang lawan. Resiko & keuntungan:
1. Kepaksa pakai item duluan (saran saya, pakai tornado dulu untuk mengulur waktu)

2. Musuh (AI) kadang2 begitu 'bego' mengeluarkan (semua) item


Ada kalanya saya diserang tapi masih menang. Saya pikir itu faktor HOKI saja. :-)


Hal lain yang mesti diperhatikan di battle season 3 adalah mengenai ubi. Di season 1 dan 2, dev LR menggunakan zona ubi. Nah, di season 3, ada sedikit perubahan menjadi seperti ini.


Dan di tiap league level, kita akan mendapatkan SATU kali reward ubi tiap kali naik level, dan TIAP hari reward ubi, seperti contoh di bawah ini.


Ups sorry, screen capture di atas adalah reward ubi utk naik league level. Saya nampaknya tidak sempat mengcapture reward ubi harian.

So...dengan demikian, JANGAN PERNAH mencoba untuk mengalah (dengan menurunkan level league) dengan harapan saat reset nanti, kita punya bupel yg cukup untuk naik level yang lebih tinggi. Tujuannya jelas, ngarep dapat reward ubi naik level league.

Seorang teman, Keith, dari Singapore, melakukan eksperimen ini. Dari Gold 2, di tengah minggu kemarin (jika tidak salah), dia mengalah hingga timnya njeblos di Bronze 3. Lalu saat reset beberapa hari lalu, dia langsung menggunakan sekian puluh bupelnya untuk naik lagi ke Gold 2.


Lalu, bagaimana hasilnya?

ZONK dengan SUKSES...!! :-(


So, DON'T TRY THIS AT HOME! :-)

Ada yang tanya ke saya, gede mana reward ubi di season 2 atau season 3? Secara sekilas, saya jawab season 2.

Benarkah itu? Mari kita teliti.

Dengan 2 bupel/battle, maka kita punya 12 kali main dalam 24 jam. Poin yang diraih tidak bisa diperkirakan, karena musuh yang tampil sifatnya random, datang dari 'sembarang' league. Kadang 2-3 league di atas kita.

So, asumsikan dapat poin 15/battle. Maka setelah 12 kali menang, dia dapat poin 180. Naik level league, asumsikan tiap 2 hari.

Reward ubi Bronze III = 20 ubi. Reward harian = 3 ubi (jika tidak salah). Naik ke Bronze II dapat 25, reward ubinya = 4 ubi.

So, dalam 2 hari, dia bisa dapat 20 + 3 + 25 + 4 = 52 ubi (TANPA BAKAR). Dari Bronze II ke Bronze I, katakan butuh 3 hari, maka dia dapat 12 ubi selama 3 hari itu, total 64 ubi.

Bronze II ke Bronze I dapat 30 ubi, total 94 ubi. Jadi dalam 5 hari, dia dapat 94 ubi. Hari ke 7, dia naik ke Silver III, dapat 35 ubi, plus reward 5 ubi selama 2 hari. Total: 94 + 35 + 10 ubi = 139 ubi.

Hmmm...nampaknya lebih untung season 3 donk untuk panen ubinya?

Bisa jadi...tapi seperti saya katakan di atas, itu hitungan kasaaarr banget...!!! Mari kita lanjutkan hingga reset setelah 15 hari.

Hitungan di atas sudah 12 hari untuk mendapatkan 139 ubi. Selama 3 hari dia Silver III, berarti mendapat 6 ubi (total 18) + naik level ke Silver II (40 ubi). Total hingga reset dia dapat 139 + 18 + 40 ubi = 197 ubi!!!

Wah, beneran yak season 3 lebih enak dapat ubi?

Eissss....belum tentu!

Setelah reset, posisi kita tidak lagi di Bronze III, tapi ditentukan dari 3 battle pertama usai reset. Jika menang semua, maka kita akan mulai dari Silver II, TANPA REWARD UBI!

Dan sejak Silver II, musuh lebih sulit, belum tentu bisa naik level dalam waktu 2-3 hari, KECUALI BAKAR UBI. JRENG...JRENGGGG...!!!

Saya belum sempat menghitung secara detail, karena belum ada Rangers yang bersedia menjadi 'Ranger percobaan' saya untuk menghitung jumlah ubi yang didapat selama battle di season 3 ini.

Yang jelas, untuk level league di bawah, memang menguntungkan. Tapi usai reset, yaaa...ngos2an sih.

Apalagi di season 1 dan 2, reward ubi itu sifatnya mingguan (4 kali sebulan). Sementara di season 3, reset hanya dilakukan di tgl 1 dan 15 (menjadi 2 kali sebulan). Intinya: dev LR makin pelit...!! Hahahha..

Hal lain yang mesti diperhatikan adalah meski kamu berada di league yang sama dengan teman kamu, bisa jadi kalian tidak berada di jalur yang sama.

Bingung?

Jadi begini, misal kamu di Gold I dg poin 1677 lalu si K juga di Gold I dg poin 1688, tapi ketika kamu cari di daftar Gold I kamu, si K ga ada. Yaaa memang wajar karena Gold I kamu dan si K berada di server yang berbeza.

Toh bukan berarti kalian tidak ada peluang bertemu dan bertarung, bisa saja Ranger Gold I dari server A bertemu dengan Ranger Gold I dari server L.

Kalo omAr malah kadang suka sengaja milih-milih musuh, bahkan teman satu guild saja dia hajar habis2an, hahahha...


Beberapa teman juga mengalami hal serupa, bertemu dengan sesama Rangers dari Indonesia. Ada yg 'menghindar', ada juga yg 'tega'....heuheuheu...

Saya sendiri hanya pernah 2 kali ketemu Ranger dari Indonesia, saling hajar jugak meski cuma 1-2 kali (termasuk revenge). Selebihnya ketemu dg Ranger-ranger luar negeri.

Okeh, segini dulu artikelnya. Hari Jum'at besok, saya hendak outing dengan kantor dan menghabiskan waktu week end saya dulu.

Sampai ketemu di hari Senin (kalo ada ilham untuk posting artikel, hahahaha...)

22 comments:

  1. Gan gimana naik level ke master level ya? Add line aku dong: mike270701comet

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya main terus sampai nembus level 99.
      begitu mencapai itu, saat naik level akan jadi level Master 1.

      gutlak

      Delete
  2. Udah lama ga komen panjang di blog masgan. Ikutan komen ah biar membantu yg lain tentang pvp, hehe.

    Klo mnrt sy, hitung2annya sih enak pvp season 3 untuk reward ruby masgan
    Sy skrg di champion 1, tiap hari dptnya 18 rubies dan 1,060 pvp gems. Sekali menang jg dpt sktr 500-600 pvp gems
    Berarti tiap bulan dpt 30 x 18 = 540 ruby.
    Lalu pvp gems dptnya dgn asumsi main 12x per hari (24 bulpel), jdi 12 x 540 pvp gems = 6480 pvp gems + 1,060 = 7,560 pvp gems per hari.
    Jadi sebulan dptnya 30 x 7,560 = 226,800 pvp gems.

    Kalau dikombinasikan dgn harga supan (150,000 pvp gems) dan harga ranger *8 yaitu 57,000 pvp gems.
    Berarti tiap bulan bisa dpt 540 ruby + 1 supan + 1 ranger *8.

    Krn tidak ada reset2 untuk skor.. Bisa diliat kalau walaupun reset tgl 1 dan 15, tp skor tidak direset ke bronze. Maka pada akhirnya semua akan masuk ke champion 1. Itu mnrt sy loh.

    Ps: yg dipasang knp foto challenges ke sy ya...wkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe..faktor yg menguntungkan di season 3 adalah kehadiran gem,yg memang bisa digunakan untuk membeli ranger di shop.

      tapi untuk mencapai 540 ubi itu, berapa banyak ubi yg mesti dibakar? abaikan dengan bupel yang didapat dari specs. :-)

      pada dasarnya tiap season memang ada kelebihan dan kekurangan sih. dan saya termasuk yg masih belum bisa adaptasi dengan season 3, terutama utk urusan gear dan accessories.

      kalo sudah 'klik', mungkin saya bisa lebih enjoy memainkannya.

      seraya menunggu 'klik' itu datang, saya menikmati saja apa adanya, ga perlu ngoyo2 banget, toh cuma game :-)

      masalah foto challenges, itu saya dapat dari ceu Esih, sang Lady SM pertama.

      yg saya muat kan challenges yg dari Indonesia,omHansen. karena memang jarang2 kan ketemu dg sesama Indonesia, ehehhe.. :-)

      Delete
    2. Bakarnya dikit masgan, sy ga hitung brp tp cukup untung sktr 300 ruby kmrn bakarnya dari diamond 1 ke champion 1. Ini krn ada sistem baru yg ga ada di season 2..yaitu kalau hanya sedikit yg ada di league tersebut, maka kita dipasangkan dgn lawan dari komputer (pvp), yg relatif jauh lebih mudah(walaupun lawan yg di champion, udah SM semua jg rangernya, tp no gear).

      Klo sy ketemu om adriansyah trus mlhan masgan, wkwkwkwk. Pasti tiap hari minimal nongol 2-5x, tp ak retry sih. Om ad jg sama pasti, haha.

      Ok masgan, semangat main. Udah bagus masgan ga jdi pensiun ngeblog. Semangat!

      Delete
    3. huehuehuehue... untuk pemain angin anginan kaya saya yah lebih banyak ubi sekarang.. S2 seminggu mentok 40 sering seh 20 ubi.. sekarang gak usah jaga bupel tiap hari dapat 7.. seminggu yah 49.. hueeee cuman setengah mati kalau mau naikin level ranger aza.. lama kalau maen SS atau MS..
      thanks om hans atau bimbingannya ranger lawas maseh bisa bertarung di pvp..
      thanks masgan atas bantuan dan info2 terutama pas S1 dan S2..

      Delete
    4. omHansen: hmmm...jebitu toh? ok,well noted.
      ngeblog itu bergantung semangat main.

      keinginan ngeblog di s3 tidak sebesar di s2, terlalu banyak hal yg mesti saya pelajari. sayangnya waktu saya habis untuk real life, jadi tidak bisa catch up... :-(

      omPipiy: iya jugak sih...cukup sekali masuk league tertentu,kalo beruntung yaa bisa bertahan cukup lama di league itu dan jumlah ubi yg diterima memang relatif lebih banyak daripada di s2 sih :-D

      sama2,om Pipiy...eh,mmgnya mau pensi?

      Delete
  3. Nyimak dulu postingan terbaru nya mastahgan. Btw postingan nya panjang bener sampe saya pegel bacanya... @_@

    Saya setuju sama pendapat om hansen tentang income di season 3 yg berkesan lebih " wah " daripada season 1 atau 2. Tapi ya gitu, meski kesannya lebih banyak tapi dikasih nya " dicicil ". Yang ada keburu event double atau triple zonk Gacha nya keburu selesai... @_@

    Ditabung malah suka kepake buat copot gear atau beli chance guild raid. Alhasil ubi nya jadi susah kekumpulnya... @_@

    Btw, saya setuju sama mastahgan yg bilang kalau AI di season 3 berkesan " B*g* ". Selama saya PVP di season 3 saya sering Terselamatkan sama kesalahan AI nya dalam penggunaan item. Alhasil
    Yg tadinya saya terpojok nyaris kalah bisa counter attack AI nya...

    Andai kalau difficulty AI nya sama seperti masa akhir season 2. Mungkin saya dah tutup tower (Pensi) dari game ini. Secara membangun squad yg bagus di season 3 ini lebih lama dibandingkan season 2 maupun 1 bagi FREE Player macam kita... T_T

    Keep Posting Mastahgan, teruslah berkarya untuk Rangers Indonesia.


    Moon

    ReplyDelete
    Replies
    1. omMoon: hahahha...saya rangkum soalnya utk pvp. repot kalo saya split jadi beberapa tulisan.

      betul,salah 1 'kekurangan' s3: terlalu banyak ubi yg mesti kita belanjakan. refresh reward, ganti gear, dst dst...

      jadi,meski (terkesan) banyak, kalo dicicil, yaaa habisnya juga cepet :p

      trims utk supportingnya, om Moon :-)

      Delete
  4. Ada Ranger dari Evangelion

    Jangan2 nanti dari Anime dibawa seperti Dragon Ball, One Piece, One Punch Man, Naruto, Dll

    Tokusatsu dan Superhero juga masuk

    Line Ranger jadi gallery Anime, Tokusatsu dan Superhero bisa2 #wkwkwk

    Tapi bolwh juga dicoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya tergantung even,om Shine.. :-)

      kemarin kan ada even yg Nagabonar tuh?!

      untuk event dg tokoh anime, yaaa....tinggal ditunggu saja :-)

      Delete
  5. Lol awalnya saya excited sama Eva Rangers dan kebetulan hari pertama saya dapat box santa dan isinya shinji *6 (Yay) soalnya abis itu saya coba gacha 150 ruby, eh dapatnya 4 *5, 1 *6, 1 *8 (itupun saya sudah punya haha..) Well, tapi menurut saya pribadi Shinji gak begitu bantu. Disamping saya gak begitu suka strength kecuali Commander Moon, saya ngerasa gimana gitu. Jadi saya taruh deh. :P Btw, saya udah beli Commander Moon T.T tapi jadi ranger saya paling kuat dia, saya combine sama Star Goddess Cony, Christmas Leonard, dan Bloody Sally. Yah setidaknya bertambah kuatlah team saya walau kadang harus nelan kekalahan juga. ;3 Pengen beli Ice Brown juga tapi tak berdaya gems belum cukup. Hiks... Walau Andro saya jadi sedikit keberatan sama S3 ini, yah masih belum kepengen pensi. So, salam ranger. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul...Shinji nampaknya tidak terlalu keren.. :p

      mantap daahhh...!! semangat teruuuss...! :-)

      salam Ranger

      Delete
    2. Sejatinya saya salah comment, maunya komentar di post mas gan yg terbaru, eeh malah nyasar kesini. XD Lol

      Delete
  6. Halo mas Ganteng , pengen nanya nih , selama berada di seasom 3 kok sya gak pernah dapat Bulu Pelangi dari special stage ya? padahal udh tiap hari maen ...
    #SampePernahBantingHPKarenaFrustasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung amalan,om(?) Minato,hahahha..

      2 minggu lalu saya malah lumayan sering dapat bupel dari specs, 20-30 bupel,lumayan...bisa masuk ke platinum,hahahha...

      singsabaro sajaaa yaaa...?? :-)

      Delete
  7. Menurut saya mas Fahmi, season 3 ubinya kurang lebih sama. Lebih banyak dikit, tapi persaingannya lebih mpos karena:

    - fast battle ga bisa dipakai lagi
    - kalau diserang bisa hilang poin

    Aku di Platinum 1, baru 3 jam leveling di stage 336 sambil minum kaleng pepsi (jadi 7 dari 10 ranger adalah ranger bibit yang cupu2) eh udah dikeroyok aja 10x lebih sampai turun peringkat ke Gold 3.

    ReplyDelete
  8. Mau tanya dong, cara naik level league gimana? Saya lgi di bronze III, pengen ke bronze II tpi gatau gimana caranya hehehe

    ReplyDelete
  9. Min ADD line ane donk ID:fajardewanto Thanks.

    ReplyDelete
  10. Saya mau tanya apakah kalau kita sudah pernah ke platinum 2 lalu kita turun league ke platinum 3. Nah setelah itu kita naik league lagi ke platinum 2 apakah reward ubi yang sudah pernah kita dapat akan dapat lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya jelaskan di atas, TIDAK DAPAT lagi reward ubi-nya jika kita turun level lalu naik level lagi.

      Delete