Friday, July 22, 2016

Yuk Mengenal Lebih Jauh Spammer (Tumbal) Dan Tanker!


Dear Rangers,

Kali ini saya hendak membahas ranger spammer/tumbal dan tanker di Line Rangers ini.

Apa sih yang dimaksud dengan spammer/tumbal dan tanker? Secara singkat bisa dikatakan bahwa spammer/tumbal adalah ranger yang ditumbalkan/dikorbankan ke musuh dengan tujuan agar tim kita cukup kuat untuk melakukan serangan.

Sementara tanker adalah ranger yang mempunyai HP cukup tinggi sehingga bisa menahan serangan musuh.

Tumbal dan tanker yang saya tulis di bawah ini adalah semua tumbal dan tanker yang muncul hingga artikel ini dibuat dan dipublish. Jadi jika saya pensi, kemungkinan besar artikel ini sudah tidak valid lagi.

Mari kita simak tumbal dan tanker berikut ini!



Rei (Original Form)

Ranger ini merupakan salah satu dari trio tumbal  (begitu dulu saya dan omLimbong menyebutnya), bersama dengan Scott dan Glenn, yang cukup efektif untuk digunakan di LR season 1. Kemunculan trio tumbal yang begitu banyak akan membuat langkah musuh tertahan sehingga ranger attacker kita bisa menyerang dari belakang.

Di season 3, Rei mulai bersinar lagi menjadi tumbal, asalkan dilengkapi dengan gear yang memadai.

Helicopter Rei (Latest Form)

HRei menjadi salah 1 tumbal yang cukup merepotkan (sama dengan Rei di atas, mesti dilengkapi dengan gear yang cocok) sejak season 3, terlebih dia mempunyai skill stun, yang bisa membuat musuh terdiam beberapa saat.

Bella (Original Form)

Beberapa Rangers menggunakan Bella sebagai tumbal. Saya sendiri tidak terlalu suka Bella karena pergerakannya yang relative lebih lambat dibanding Rei, Scott, dan Glenn.

Elite Agent Bella (Latest Form)

(Fashionist Bella dan) EABella relatif lebih enak dijadikan tumbal karena skil shieldnya. Jika diberi gear “key” atau “boomerang” maka EABella bisa bersaing menjadi tumbal.

Glenn (Original Form)

Salah satu tumbal favorit saya di season 1 adalah Glenn. Dengan pose tubuh yang ‘bersemangat’ membuat saya selalu menjadikan Glenn sebagai favorit tumbal.


Pro Cyclist Glenn (Latest Form)

Di penghujung season 2, PCGlenn menjadi salah 1 ranger andalan saya. Tidak sebagai tumbal, tapi sebagai ranger utama yang mempunyai skill yang saya butuhkan untuk fast battle.

Skill yang saya maksud adalah skil meningkatkan kecepatan ranger-ranger sekitarnya. Dengan attack si Traveler James (sebelum diturunkan secara drastis di season 3), fast battle menjadi cara saya untuk bisa masuk top 100 global di season 2.

Scott (Original Form)

Scott merupakan idola tumbal, seperti halnya Rei dan Glenn. Ketiga ranger tumbal ini mempunyai kecepatan yang cukup lumayan sehingga bisa menghadang musuh agar tidak cepat tiba di tower kita.

Boxer Scott (Latest Form)

Sama seperti Rei,sejak season 3 BScott menjadi alternative tumbal, terlebih jika diberi gear yang menakjubkan. Saya sendiri masih mempertahankan BScott menjadi tumbal dikarenakan skil shieldnya.

Xan (Original Form)

Xan pernah menjadi salah satu tanker pertama di season 1. Dengan HP yang cukup tinggi saat itu, Xan bisa menahan pergerakan lawan dan member kesempatan ranger attacker untuk menyerang dari belakang.

Biker Gang Xan (Latest Form)

Sempat menjadi tanker di season 2, namun nasibnya tidak seberuntung Xan di season 1. Skil Tornado Shot-nya pernah menakutkan lawan karena membuat musuh terpental.

Honey (Original Form)

Honey juga pernah menjadi idola sebagai tumbal di season 1. Meski mineral yang dibutuhkan lebih banyak untuk dispatch, namun atk yang relative lebih besar dari trio tumbal membuatnya dipilih sebagai tumbal oleh sebagian Ranger di season 1.

Hatchling Honey (Latest Form)

Hasil evolve Honey berkibar lagi sebagai tumbal di season 4 ini. Tentunya jangan lupa gearnya mesti memadai. Jika tidak, yaaa tidak akan bisa menjadi tumbal yang baik.


Red Brown sempat menggantikan trio tumbal, terutama sejak akhir season 1 dan masuk season 2. Speed yang cukup cepat dan cooldown time yang rendah membuat saya memfavoritkan Red Brown sebagai tumbal, menggantikan salah 1 trio tumbal (Rei jika tidak salah).


Nah, ini adalah tanker sejati karena Driver Brown mempunyai attack = 0. Dia benar-benar ‘parkir’ untuk menghadang musuh. Sempat berguna untuk melawan musuh yang bossnya adalah kelinci.


Ranger tumbal yang serba nanggung. Saya hanya pakai di awal-awal kemunculannya saja. Yang unik dari Norurun adalah bunyi peluit yang mengiringi serangannya.


Kungfu Brown sempat menjadi idola tumbal. Selain CDT yang cepat, gerakannya juga cukup cepat. Hanya saja tidak berumur panjang sebagai tumbal.



Red merupakan tanker yang cukup keren, terutama jika sudah level Master. Gerakan ‘menindih’ ranger-ranger lawan membuat musuh (di season 1) relatif sulit melakukan serangan. Selain itu HP-nya yang cukup tinggi (di season 1) membuat dia cenderung sulit dikalahkan.

Rudolph Brown (Original Form)

Tanker yang muncul di event XMas 2014 ini sangat saya sukai. HP-nya yang cukup tebal membuat saya bisa menahan musuh-musuh dan menyerang (serta mengalahkan) mereka dengan Kevin dan Carol Edward.

Red Carol Brown (Latest Form)

Nah, di season 3, si Rudolph dievolve menjadi RCBrown. Jika di season 1, dia sudah menjadi tanker tangguh (walau ‘cuma’ berada di form awal), maka di season 3 bisa dibayangkan ketangguhannya sebagai tanker. Saya menggunakan RCB sebagai tanker hingga sekitar bulan Mei 2016.


Ice Brown sebenarnya sangat keren sebagai tanker. Namun geraknya yang lambat membuat dia bisa tewas sebelum mencapai garis depan. Solusinya adalah dengan menambahkan gear key atau bumerang sehingga geraknya lebih cepat untuk tiba di garis depan.


Nah, ini adalah tanker dan tumbal favorit saya. Fungsi ganda si DB ini didapat dari skil shield dan CDT yang cukup cepat. Terlebih lagi saya pasang gear bumerang dan key sebagai booster untuk mempercepat pergerakannya. Makin ciamik dah!


Ranger ini merupakan versi ‘ringan’ dari DB karena HP dan skilnya yang lebih kecil dari DB. Namun bukan berarti UB tidak bisa menjadi tanker dan tumbal yang bisa disepelekan. Di beberapa battle, saya sempat mengalami kesulitan karena kehadiran UM yang menumpuk hingga mencapai 1 RW, hahhah.

Mong (Original Form)

Tanker favorit di season 2, seingat saya. Hampir semua Ranger di top 100 global memasang Mong SM sebagai ranger yang mencegat musuh mereka. Plus skilnya yang membuat gempa local sehingga gerombolan musuh bisa tercerai berai, membuat tanker ini bisa bertahan cukup lama. Apalagi dengan gear yang mendukung boost HP-nya.


Captain Master Mong (Latest Form)

Versi ultimate dari Mong ini lebih mengerikan lagi sebagai tanker. Meski CDT-nya masih cukup lambat, tapi dengan HP yang cukup tinggi membuat si CMM ini laksana tower yang tidak mudah dikalahkan. Silakan cek foto di bawah ini untuk melihat rinci ‘kengerian’ si CMM ini.


Salah satu tanker yang lumayan di season 2, tapi tidak begitu disukai sehingga jarang dipasang sebagai line up team battle.


Ranger ini bisa menjadi tanker yang tangguh dengan menambahkan gear yang mendukung, terutama untuk evade (menghindar). Skilnya cukup lumayan mendukung dia menjadi tanker, dengan sinar laser yang membubarkan 1 RW pasukan musuh.

Teman saya, Keith, meng-SM-kan si Elel ini dan membantunya bisa masuk top 100 global.


Nah, si donat ini bisa menjadi tanker yang tangguh juga bisa menjadi attacker yang bisa diandalkan, tergantung gear yang dipasang. Saya sempat cukup lama memasang PSB sebagai tanker, menggantikan RCB.


Salah satu tanker terbaik di season 4. Bentuk ultimate dari Assasin Brown yang hingga kemarin tidak pernah dipedulikan karena nyaris tidak ada gunanya diturunkan di tim battle. Namun form terakhirnya ini membuat banyak Ranger memasang dia sebagai start up tim battle mereka.

Silakan cek di bawah untuk informasi tanker ini.


Tanker paling gila, menurut saya, adalah si DevilSally ini. Secara fitur dan pola serangan, si DevilSally ini mirip dengan Elise dan Raoh. Namun HP yang lebih tinggi membuat dia sulit dikalahkan.

Saya cantumkan juga informasi detail si tanker ini di bagian bawah artikel ini.



Gambar dan link saya gunakan Lerico sebagai referensi. Tanpa ijin, so pasti. Tapi saya yakin tidak apa2 karena saya tidak gunakan untuk kepentingan komersial kok,hehehe...

Seperti janji saya di atas, berikut ini saya tampilkan keterangan 3 tanker tertangguh saat ini. Saya menggunakan Justice Brown karena Mong saya belum SM dan gacha saya tidak menghasilkan si DevilSally.




Artikel ini sekaligus menjadi artikel penutup minggu ini.

Selamat berakhir pekan!

8 comments:

  1. ituu udah ultra super masterr busett dahh cara ngoleksinya gimana -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli ubi dan terus gacha sampe 'muntah2', hahhaha... :-))

      Delete
  2. Mas mau nanya, klo ada event gear, biasanya habis brp ubi? Maklum bru newbie mas, soalny blm prnh main pas ada event gear. Makasih mas.


    Id:rimron97

    ReplyDelete
    Replies
    1. heh? saya ga pernah pakai ubi untuk event gear. yg penting:

      1. arena
      2. raid
      3. gacha friend help

      untuk mendapatkan gear (bibit).

      pastikan cukup koin untuk level up gear2 kamu.

      Delete
  3. Yaah... Jangan pensi dong masgan. Saya kan pembaca setianya ini blog... >.< Kalo masgan pensi, saya baca apa dong?
    Btw saya masih nahan diri buat nge-UM-in rangers. Karena saya pikir bakalan masih ada rangers yg lebih gila nantinya (selain karena masalah di crystal haha...).
    Well. Have a nice weekend masgan. Pokoknya jgn sampai pensi dh. ToT

    heiro25

    ReplyDelete
  4. pake renjer yg murah2 aja yang CDTnya 0,000001 detik. lebih ampuh ngluarin renjer sekampung. jangan lupa, gearnya harus yang memadai, yang bisa bikin HP+1000% ATK+500% Evade rate+500% skill use rate+100%

    oya, bagi temen2 renjer yang butuh bantuan bisa join ke grup. ingat ya grup bukan guild
    kalo mau join chat saya ;)

    id: mwdana

    ReplyDelete
  5. Mo tanya dong, ada posting ttg gear yg cocok buat masing2 ranger ga? Biar ga salah pasang dan pastinya sangar.
    ♪Thank min

    ReplyDelete