Friday, November 25, 2016

Berapa Jumlah Member Yang Ideal Untuk 1 Guild?

Dear Rangers,

Pertanyaan ini terlintas di benak saya sejak guild Jagal masuk level 9. Penyebabnya adalah tingkat persaingan raid yg kian ketat. Daftar antrian untuk melakukan raid guardian, terutama di guardian 6 dan 7 demikian panjang, mungkin mengalahkan antrian bank cape antrinya. ^_^

Hal tersebut menjadi salah satu munculnya sub guild Jagal (sgJ) dan distribusi Jagur ke sgJ2 yg dibuat untuk mengakomodir para Jagur yg seringkali tidak kebagian raid.

So....berapa sih jumlah member yg ideal utk 1 guild?

Guild Jagal sendiri sekarang mempunyai anggota 140/200. Dari 140 Jagur, yg raid/kebagian raid tidak lebih dari 20 Jagur. Keduapuluh Jagur yg raid itu levelnya bermacam-macam, dari level 'biasa' alias belum ada tulisan M, SM, atau UM, hingga yg UM 32.


Tapi yg lebih penting adalah kekuatan dari tim member guild itu.

Saya sendiri sekarang berada di sgJ, JAGURA. Di sana hanya ada 17 member, tapi yg raid hanya 10-13 Jagur saja. Selebihnya non aktif, terutama lebih karena kesibukan real life mereka.

Dari 10-13 Jagur tersebut, raid yg terjadi cukup efektif, kecuali utk guardian 7 (Diver dan Poseira) yg kadang baru habis di keesokan harinya (nunggu retrieve chance). Di guardian 1-6, rata2 Jagur sudah bisa ORKO. Untuk guardian 1-4 biasanya ORKO dilakukan oleh Jagur dg tim menengah ke bawah. Sementara untuk guardian 5 dan 6, ORKO dilakukan oleh para destroyer seperti 2 penasihat spiritual Jagal, omBud dan omAr.

Bukan berarti Jagur level menengah/bawah tidak boleh menyerang guardian 6 dan 7. Tapi para guardian 6 dan 7 kadang 'bangun' di pagi buta, setelah jam 4 pagi, sehingga Jagur yg melek yg biasanya menyikat duluan. Apesnya kalo para destroyer yg melek jam segitu. Selesai sholat Subuh, ngecek guardian 6 dan 7, sudah pada tidur lagi, nunggu 24 jam berikutnya. T_T

Tugas destroyer sebenarnya tidak melulu ORKO di guardian 6 dan 7. Saya yg termasuk destroyer 'nanggung' dan omVic kadang2 mesti bersih2 guardian 4 dan 5 jika mereka 'bangun' terlalu lama. Ya intinya sih, bagi2 tugas lah.

So, kembali ke judul artikel ini, berapa jumlah member yg ideal utk 1 guild, saya menyimpulkan sebagai berikut:
- 1 guild yg sudah lengkap guardiannya, dia punya 14 guardian (level 1-7).
- 14 guardian = 14 kali chance hajar
- 1 member = 3 kali chance hajar
- guardian 1-3 diasumsikan bisa di-ORKO, berarti 6 kali hajar.
- guardian 4-5 diasumsikan butuh 2-3 member untuk meng-KO (6 kali hajar)
- guardian 6 diasumsikan butuh 5 member utk KO (10 kali hajar)
- guardian 7 diasumsikan butuh 5 member utk KO (10 kali hajar)

Total, dibutuhkan 32 kali hajar. Jika dibagi 3, maka didapat angka 11.

So, kira2 dibutuhkan 11 member untuk mengisi 1 guild dengan raid yg optimal.

Tentunya 11 member ini bukan harga mati, terutama jika guildnya masih baru atau guardiannya makin alot, maka akan dibutuhkan banyak member (terutama yg destroyer) agar bisa menaikkan level guild lebih cepat.

Gimana menurut kamu? Guild kamu gimana? Berapa banyak membernya?

Buat yg belum join guild (Indonesia), silakan klik di sini untuk memilih guild2 yg bisa kalian masuki.

Good luck...have a nice week end.

9 comments:

  1. member saya masi 3 itupun saudara saya sendiri.. levelnya ada yg UL. S & M..saya sendiri UL..saya lebih mementingkn member kedua itu untuk raid di tempat yg sama supaya nanti saya bisa hancurkan guild..karna saya bisakalahkan guild 6 dengan 1 seranan jadi 1 hari saya cuma bisa hancurkan 3 guild walau tanpa bantuan..

    ReplyDelete
  2. Kakak kakak master mohon bantuanya ya kalau ada grup line juga boleh ini id saya:mbambe21

    ReplyDelete
  3. Guildnya awal ane join 100an terus naik jadi 150an, beberapa minggu terakhir jadi 50an, minggu ini isi guild 31, terus tadi pagi mau GR malah udah dikick. Menurut agan kenapa ane di kick?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin pemilik guild sadar bahwa kebanyakan member malah buat dia jadi gak kebagian raid. :v

      heiro25

      Delete
  4. open member guild baru udah level 6 silahkan cari nama : ProRanger...

    ReplyDelete
  5. saya punya foto bagus tentang bermain trik pvp mas gan..krim kmn ni

    ReplyDelete
  6. Member sy cukup 4. Khusus tower 4.5.6.7 aja. tiap hr jg orko. Kecuali tower 4 malahan. Hehehe males mainin tower 4 kecuali ada sisaa. Kdg sisa kesempatan mala sengaja g pencet raanger biaar yg lain kebagian jg.

    ReplyDelete
  7. sdih gann lvl 9 aktifnya cman 10 ann

    ReplyDelete
  8. Saya yang aktif malah cuma 2...

    ReplyDelete