Wednesday, March 15, 2017

Segala Sesuatu Tentang Gears

Dear Rangers,

Sebulan lebih MasGan selalu ditanya mengenai gears. Daripada MasGan menulis berulangkali, menjelaskan hal yg sama, akhirnya MasGan menulis artikel ini.

Sebagaimana kita ketahui, gears pertama kali muncul dan diperkenalkan dev LR di season 3. Di artikel itu saya pernah menulis (singkat) mengenai gears. Meski sekilas, tapi saya rasa (saat itu) info yg saya sampaikan sudah mencukupi.

Seiring berjalannya waktu, saya sadar dan tahu bahwa gear kian berkembang sehingga saya mesti meng-update informasi tentang gears. Contohnya: pertama, perubahan reinforce gears yang semula random lalu tidak random dan kini jadi random lagi. Kedua, kesalahan pemahaman saya mengenai statistik gears. Awalnya saya tidak terlalu ambil pusing dg stat gears. Kemudian saya menyadari, memiliki gears dg stat lebih baik (walau kecil) ternyata cukup signifikan pengaruhnya. Ketiga, adanya perombakan besar-besaran statistik gears. Info yang saya terima, banyak paid Rangers yg pensi gara2 hal ini.

Soooo...mari kita mulai bahas gears.

Panduan awal bagi Rangers (terutama pemula) mengenai gears adalah: JANGAN GACHA GEARS DENGAN UBI, KECUALI GEARS LIMITED!

Saya tekankan hal ini di awal, karena seringkali muncul pertanyaan tentang ini di OA.

"Kenapa ga boleh gacha gears biasa MasGan?"

Sebenarnya bukan tidak boleh. Silakan saja kalo sudah kelebihan ubi. Pengalaman saya, saya pernah 1 kali gacha gears. Hasilnya menyedihkan sekali. Seingat saya, tidak pernah dapat gears 6*. Max di 4*.

Berbeza kalo gears limited. Meski cuma 2* atau 3*, masih cukup layak diperjuangkan, apalagi jika punya stat yg yahud punya.

"Terus saya gimana dapat gears dong MasGan?"

Ada beberapa cara untuk mendapatkan gears. Pertama, gacha gears dengan friend help. Kedua, main di Arena. Ketiga, main di guild raid.

Ketiga cara di atas cukup untuk mendapatkan gears, baik gears utama maupun gears tumbal.

"Maksudnya apa tuh MasGan, gears utama atau gears tumbal?"

Saya menyebut gears utama jika gears tersebut sudah 6* dan punya statistik yang baik. Gears utama ini yg akan dipasang di rangers kita untuk meningkatkan kemampuan tempur (dan bertahan) mereka.

Sementara yang dimaksud dengan gears tumbal adalah gears dengan * rendah yang akan digunakan untuk level up gears dan reinforce ke * yg lebih tinggi.

Jadi, berikut saran saya untuk Rangers (terutama bagi pemula) mengenai gears:

1. Gunakan gears dg * tertinggi (yg cocok tentunya) di ranger kamu. 

Misalkan kamu butuh hammer. Lalu di koleksi weapon gears kamu, ada hammer 6*, 5*, 4*. Maka gunakan hammer 6* meski statnya belum terlalu bagus.

Mengapa mesti begitu? Karena stat 6* tetap lebih lumayan daripada 5* (kecuali 5* max).

2. Jika koleksi gears kamu tidak ada yg 6* atau 5*, cuma ada 4* atau malah 3*, silakan dipakai TAPI MAKSIMALKAN!

Alasannya sama. Dengan kondisi max, maka statnya si gear juga akan max dan ranger kamu akan berada di kondisi yg paling max (untuk saat itu).

3. Pastikan kamu memasang gear yg tepat!

Untuk mendapatkan gear yg tepat untuk ranger2 kamu, bisa cek di OA Jagal.


4. JANGAN MELAKUKAN REINFORCE UNTUK GEARS YANG BUKAN 6*

Salah satu kesalahan 'umum' yg sering dilakukan Ranger pemula adalah melakukan reinforce (menggunakan ubi) untuk gears < 6*. Hal ini SANGAT merugikan karena saat dia reinforce ke * yg lebih tinggi, maka hasilnya akan random!

Saya pernah tulis di sini mengenai reinforce (dengan ubi) serta pengalaman buruk omPpany terkait reinforce dengan ubi.


"Terus gimana dong MasGan?"

Saya pribadi selama ini menggunakan gear dengan stat tertinggi yg saya miliki. Tapi jika saya dapat gear baru dg stat lebih tinggi, maka gear lama akan saya ganti. Memang tidak sebentar untuk dapat gear dg stat yg baik (terutama yg warna kuning). Tapi bermain LR itu dibutuhkan kesabaran!

5. Cari GEARS TULISAN KUNING!

Jadi, ada 2 tipe gears, tulisan putih dan kuning. Yang kuning mempunyai stat lebih baik dari yg putih. Minimal 2 dari 3 stat, nilainya lebih tinggi.

Banyak paid players yg reinforce gear2 mereka (terutama yg limited) untuk mendapatkan tulisan kuning ini. Memang rata2 cukup signifikan sih stat nilainya.

6. Gunakan referensi untuk mencek statistik gears kamu!

MasGan dan Rangers lain biasanya menggunakan situs Lerico untuk mencek statistik gears.

7. Kalo kamu mau beli gears di shop, PASTIKAN YANG WARNA KUNING (lihat no 5).

Buat kamu yg males bolak balik buka Lerico, bisa save info gears di bawah ini.




Semoga artikel ini membantu.

Good luck, Rangers!

10 comments:

  1. Kalo ada yang minat join guild
    Saya baru buat
    Buat yang lvl sm99 kebawah aja
    Biar kebagian semua
    Join : arema LR
    Terimakasih

    ReplyDelete
  2. Hmmm... Kalau bahas gear mah gak ada abisnya. Tapi kalau basicnya bener banget kata masgan. Soalnya selama ini yang dirombak oleh dev secara besar2an yah gear ini. Hahahahaha... Ampun dah nih dev.

    ReplyDelete
  3. mas gan (acc) glorius tears belt itu gear limited kah..??, bisa muncul kah di guild shop, atau reinforce yang random...??

    ReplyDelete
  4. Gear limited pernh gacha 3x zonnk. Abis itu kapok gacha gear. Gear gratisan dah cukup u bersaing, bisa didpt dr guild raid

    ReplyDelete
  5. MasGan, mnta tlong kasih bocoran stat queen sally gear dong, pliss pliss plisss

    hikmatiarafid_

    ReplyDelete
  6. Masgan ada gear baru nih, abis liat di lerico statnya keren. Cuma masih bingung mau gacha atau enggak, ga ada embel2 guaranteed atau tripled. Enaknya gimana nih masgan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ubi banyak, Gacha aja ( banyak maksudnya diatas 3k)

      gear hasil Reinforce juga kalau mujur dapat yg bagus.
      sering" saja reinforce dari gera *5, siapa tahu mujur.

      cari bahan untuk Enhance dengan main Arena tiap hari, dan kalahkan Guardian.

      Delete
  7. mas critical itu bisa nyerang tower ga

    ReplyDelete
  8. Dev LR sekarang jahat, Gear baru pertengahan Maret ini, hanya bisa di dapat dengan GACHA Gear !

    kalau saya sih, untuk hasil max. bongkar pasang gear sesuai peruntukan saja.
    Soalnya GEAR buat Raid beda dgn PvP kalau mau hasil bagus.
    dan tiap Guardian juga harus sesuai Line Up RANGER kita supaya hasil damage maksimal.
    itu aja kalo saya ;-)

    ReplyDelete
  9. Invite ane yg butuh gold champagne cony demage 1.5 jt darah 4 jt
    Id: gktauapaan

    ReplyDelete