Saturday, October 18, 2014

Apa Bedanya Root, Mod, Dan Bug?

Dear Rangers,

Di beberapa grup Line Ranger yang saya ikuti, seringkali ada komentar-komentar yang salah kaprah antara root, mod, dan bug. Di artikel ini saya berusaha menjelaskan perbedaan root, mod, dan bug, agar Rangers jadi lebih pinter dan tidak asal ngomong.

Kenapa tidak asal ngomong? Karena kalo asal ngomong bisa bikin malu! Hehehe..

"Eh, si itu kan main gamenya pake root"
Contoh asal ngomong yg bisa bikin malu.

Oke, simak penjelasan berikut ini.

1. ROOT

Root adalah upaya untuk membuka hak akses yang ada di gadget (android) kamu. Kamu yang pake produk Apple, cara nge-root ini disebut JAILBREAK.

Apa sih root atau jailbreak itu?

Gambarannya begini lho.

Kamu pernah ke warnet? Kalo kamu login pake komputer di warnet, kamu ga bisa sembarangan pake atau meng-akses kan? Cuma orang yang login ADMINISTRATOR saja yang bisa mengakses berbagai macam.

Nah, kalo kamu beli gadget, posisi kamu di mata si gadget itu kaya orang ke warnet. Kamu cuma bisa mengakses atau memakai fitur-fitur tertentu saja.

Nge-root atau jailbreak adalah cara untuk memberikan hak administrator ke kamu. Dengan nge-root atau jailbreak, kamu jadi bisa mengakses file system dan lain-lain.

Apa gunanya gadget di-root atau jailbreak?

Banyak sekali gunanya, terutama bagi yang suka ngoprek atau ngotak ngatik gadget. Salah satu hasil ngoprek adalah bikin cheat atau mod.

Root/jailbreak TIDAK MERUSAK gadget anda secara langsung! Tapi dia akan MENGHILANGKAN GARANSI gadget anda!

2. MOD

Istilah mod ini ada berbagai pengertian. Ada yg bilang modifikasi, ada yg bilang modified. Intinya sih sama saja, ada (usaha) mengubah atau menyiasati si aplikasi/game agar berfungsi sesuai keinginan si pengubah.

Mod ini identik (sama) dengan usaha nge-cheat (berbuat curang). Itu sebabnya orang-orang/gamers yang pakai mod disebut tukang curang.

Banyaknya gamer yg nge-cheat seringkali membuat kesal banyak pihak. Coba cek video clip ini, ada cheater yg ketahuan, langsung dia diusir dan peralatan gamenya dibuang.


Kasus di atas, si cheater ketahuan pas sedang turnamen game.

Nah, kalo game online kaya Line Ranger, gimana caranya pihak Line ngecek ada cheater atau ga? Ada deehhh...pokoknya kalian yang pake cheat mesti hati2, karena kalo kalian ketahuan pakai cheat/curang, maka id Line kalian akan dibanned sehingga tidak bisa main game online lagi.

3. BUG

Nah, ada Rangers yang salah paham antara bug dan mod.

Mod adalah usaha untuk mengubah game/aplikasi yang dilakukan oleh pihak luar/pemain/pengguna. Sementara kalo bug itu kesalahan si pembuat aplikasi/game sehingga kadang-kadang game/aplikasi berjalan tidak semestinya.

Dulu di Line Ranger sempat ada bug, yakni bisa menang dengan cara mematikan koneksi internet (ke server). Dengan cara seperti ini, saya melihat banyak sekali ranger-ranger berlevel rendah (level 40-50) namun sudah di stage 144.

Pihak pembuat Line Ranger segera melakukan perubahan dan kini bug itu sudah tidak bisa digunakan lagi setahu saya.

Sudah mengerti kan bedanya root, mod, dan bug?

Contoh dari root dan mod adalah cheat untuk Line Rangers.

Sampai jumpa di artikel lain.

1 comment:

  1. menurut saya sih emang benar hehe, tapi kalau difikir2 bedanya gak jauh2 banget root mod sma bug itu :D
    Oh ya buat referensi saja nih mengenai aplikasi moga bermanfaat :)
    Tips Memperbaiki baterai leptop
    Aplikasi baterai android Hp
    Film video Kuliah online
    Video dubmash Flash acer
    game Battlefield4

    ReplyDelete