Monday, October 27, 2014

Ganti Gadget, Apakah Mesti Ngulang Main Game Line Rangernyah?

Dear Rangers,

Saya seringkali mendapat pertanyaan, "saya mau ganti gadget, apakah saya mesti mengulang lagi main game LR dari stage 1?"

Di artikel ini saya akan coba jawab dan jelaskan,

Pindah gadget TIDAK PERLU mengulang game LR dari awal lagi. Kamu akan meneruskan game LR sesuai dengan kondisi terakhir.

Cara pindahnya juga gampang. Tinggal login Line di gadget baru, lalu mainkan game LR.

Jadi Rangers, kalo kamu ganti gadget, ada beberapa hal yg mesti diperhatikan.

1. History chat akan hilang.

Saat kamu login Line di gadget baru, akan ada pertanyaan yang isinya lebih kurang konfirmasi bahwa kamu akan login Line di gadget baru dan data2 (chat, foto, dll) Line kamu di gadget lama akan terhapus (hilang).

Chat bisa diselamatkan dengan cara backup aplikasi Line dengan aplikasi Titanium. Setelah kamu login di gadget baru, kamu bisa restore data chat kamu pake aplikasi Titanium juga.

2. Ganti gadget dari Android ke iOS
Kalo kamu dapat hadiah ulang tahun iPhone atau iPad, trus kamu mau pindahin game LR kamu di gadget Android, bisa saja.

Cuma dari beberapa cerita teman, mereka KEHILANGAN RUBY.

Entah bagaimana ceritanya, ketika mereka login game LR di gadget buatan Apple, ruby mereka berkurang sekian banyak. Seingat saya, rata-rata kehilangan 20 ruby.

Jadi, pikir-pikir dahulu kalo kamu mau pindah gadget.

Kalo pindah gadget kamu android, pastikan gadget lama dan baru sudah di-root, biar bisa instal Titanium sehingga history chat kamu bisa selamat.

Tapi kalo pindah dari android ke iOS, saya tidak bisa bantu banyak karena saya ga punya pengalaman di situ.

Agar kamu ga perlu mengulang game-game Line, yang mesti kamu siapkan adalah alamat email yang kamu daftarkan di akun id line kamu. Lihat gambar di bawah ini.


(gambar dari sini)

Kalo sudah, maka di gadget baru kamu, lakukan:

1. Instal Line
2. Instal game-game Line

AWAS, MESTI BERURUTAN!

Kalo kamu instal game Line dulu baru instal Line, maka KAMU AKAN MENGULANG game Line-nya! Itu yang terjadi di teman saya. Karena terburu-buru, dia menginstal game Line Ranger baru menginstal Line.

Walhasil, dia mesti mengulang game LR dari awal. Padahal sudah di stage 100an lebih.

Demikian, gutlak.

39 comments:

  1. Mas kalo grup sama kontaknya bilang ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengalaman saya: grup hilang, kontak masih ada.

      jadi mesti minta diundang lagi ke grup.

      Delete
  2. mas fahmi, beneran bisa pindah gadget tanpa harus mengulang line ranger saya dari level 1 lagi, dan semua data lengkap seperti rubi, ranger, dllsesuai terakhir di gadget lama??

    dan apakah begitu juga berlaku untuk semua data2 game LINE yang saya mainkan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup...kamu ga perlu ulang lagi LR.

      syaratnya: kamu daftarkan email kamu di Line.

      saya baru tambahkan penjelasan.

      selamat mengikuti dan sukses!

      Delete
  3. mas fahmi kalau saya mau memindahkan line renger saya ke id line baru bisa tidak? tanpa ganti gadget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya, ga bisa.

      id line baru ~ ranger2 baru (mulai dari stage 1 lagi)

      Delete
  4. Mas saya kan udah punya idline..trus klo mau ganti hp klo mau mindah akun line kita pas mau login pilih yg mna mas.. kan ada 2 pilihan yg 1 saya lupa apa klo yg 1 nya login make email.. kita milih yg login menggunakan email kan mas .. takit salah saya mas..

    Trus buat game lain kya gets rich apa juga bisa kepindah..

    ReplyDelete
  5. Tahapan cara nya sebelum nginstal line gmna mas.. kan kata nya mas tdi harus urut instal line dlu baru instal game lainnya.. trus yg d hp lama d apain mas.. apa game xa dunistal smua trus logout di line accoun.. apa langsung instal line aja d hp android yg 1 nya trus yg d hp lama d biarin ..? Entar kepindah sendiri ?

    Mohon bantuan nya mas.. makasih sebelum nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bagus:

      ok,jadi kalo sudah register by email, tinggal pilih login by email seperti yg kamu bilang di atas.

      tapi nanti tetep mesti isi no hp, untuk konfirmasi dg kirim pin.

      yup, PASTIKAN INSTAL DULU LINE BARU INSTAL (dan main) GAME LINE. kalo ga, hilang semua data game line kamu!

      kalo sudah login di gadget baru, biarin saja yg di gadget lama, nanti dia otomatis ke-log out sendiri dan kehapus semua chatnya.

      demikian.

      sukses!

      Delete
    2. tapi nanti tetep mesti isi no hp, untuk konfirmasi dg kirim pin.

      no hp pada akun yg lama atau nomor hp baru utk akun yg baru?
      all ny kemarin buat akun LINE hnya menggunakan nomor hp, parahnya lgi nomor hp tersebut sudah mati.

      Delete
    3. @ M Fahmi Aulia

      tapi nanti tetep mesti isi no hp, untuk konfirmasi dg kirim pin.

      utk buat akun baru konfirmasi pake nomor hp pada akun lama / nomor hp baru?
      all ny nomor hp yg lama sudah mati

      Delete
    4. @ M Fahmi Aulia

      tapi nanti tetep mesti isi no hp, untuk konfirmasi dg kirim pin.

      utk buat akun baru konfirmasi pake nomor hp pada akun lama / nomor hp baru?
      all ny nomor hp yg lama sudah mati

      Delete
  6. mas kalo game get rich di unistal kalo mau download lagi ngulang dari awal tidak, kasih penjelasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. terus terang, saya belum pernah main Get Rich.

      tapi karena sama2 dari Line, mestinya tidak perlu mengulang lagi, asalkan id-nya sudah didaftarkan via email.

      Delete
  7. Cara ganti id line yg udah didaftarkan gmana mas???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sudah didaftarkan, setahu saya tidak bisa diganti.

      Delete
  8. mas saya mau nanya gini ceritanya, sayaa kan ganti hp membuat line di hp yg baru tapi line yg di hp lama belom dihapus, pas saya bikin line di hp yg baru tiba" semua kontak dan grup hilang padahal saya bikin line dengan no yg sama seperti yg di hp lama, bukan cuma kontak tapi game pun ngulang dari awal, itu gimana ya mas cara ngembalikan seperti semula ?

    ReplyDelete
  9. Gan, akun email line saya tidak bisa buat login lagi...
    Gmana solusinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang salah apa password atau email?

      Kalau password bisa minta pass baru lewat email, klik aja lupa password

      Delete
  10. om fahmi,
    saya mau tanya.
    saya pnya 2 akun line. masing" udah reg e-mail.

    nah saya mau login line ranger pake akun yg lain.
    cara logout line ranger yang sblumnya dan line yg sblumnya juga gmana ???
    dan apa line ranger yg sblmnya akan ulang dari awal.
    tolong dong om fahmi ...


    jadi intinya saya mau main line ranger dengan akun beda di hp yang sama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebetulan kemarin saya sempat diskusi dg om Olaf mengenai hal ini.

      nanti saya muat saja chat saya dengan dia.

      Delete
  11. Sory mas agak melenceng, besok saya mau ganti hp, saya main get rich udah level 70. Kalo saya install lagi get rich nya, apakah ngulang dari awal apa enggak? Fast respond ya mas. Sory ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo get rich, saya ga tahu persis.

      cuma karena sama2 LINE, mestinya tidak hilang/ngulang dari awal.

      Delete
  12. Om, saya coba login di line, tapi katanya email/password salah/blum terdaftar, padahal biasanya bisa dihp mana2 juga, trus saya coba search akun saya pake id, ga ad hasilnya juga, mohon pencerahannya donk om, padahal saya udah susah payah mainin game2nya, :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. gimana ini,sudah solve?

      maaf,baru bisa balas2 sekarang.

      Delete
  13. Kalo misal mindahin id line ke gadget baru & nomorny ganti apa bakal ilang mas data game ny?

    ReplyDelete
  14. Mas caranya mengikuti line event di akun baru yang pernah dijalankan di akun lama gimana caranya?
    Tolong infonya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga bisa setahu saya,karena event tersebut akan terhubung dengan akun.

      kalo main pakai akun baru,yaaa cuma bisa ikut event2 baru...

      Delete
  15. Bang Saya Kan Ganti hp terus di hp Saya yg baru lr update sampe 7777 nah itu kira kira habis berapa mb ya?

    ReplyDelete
  16. Malam gan, gimana cara nya LR dari awal, (sebelum nya udh pernah main). tanpa harus ganti email baru dan nomor baru gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ingin ngulang main LR, mesti BIKIN AKUN BARU untuk Line.

      kalo pake email dan nomor yg lama, maka akun yg lama otomatis akan dihapus sistem.

      Delete
  17. Mas mau nanya, cara ngulang LR dri lv 1, gmna caranya?

    ReplyDelete
  18. Rubynya ilang gak kalo ganti gadget?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akan berkurang jika pindah dari gadget Android ke iPhone.

      Delete