Friday, July 10, 2015

Game Line Rangers Termasuk Judi?

Dear Rangers,

Mumpung masih bulan Ramadhan, meski sudah hampir berakhir, saya terbitkan juga akhirnya artikel yang satu ini.

Jadi, jaman dahulu kala, ada pertanyaan dari salah seorang ranger. Dia bertanya, apakah game Line Ranger itu termasuk judi? Karena seringkali hasil gachanya zonk, tidak sesuai dengan harapannya.

Hmm...pertanyaan yang menarik.

Saya berikan penjelasan sebagai berikut.

Line Rangers, menurut hemat (dan pengetahuan serta pemahaman) saya, TIDAK TERMASUK dalam permainan judi. Meskipun setiap kali kamu gacha, hasilnya zonk melulu.

Penyebabnya:

1. Line Rangers TIDAK TERMASUK dalam kategori permainan/aktivitas zero sum game. Apa itu zero sum game, bisa kamu baca detailnya di sini. Secara singkat, saya katakan ZSG itu permainan yang pemainnya FULL MENANG atau FULL KALAH.

Dalam hal ini, kalo kamu ga dapat ranger yang kamu harapkan, bukan berarti kamu FULL KALAH! Kamu masih dapatkan ranger lain (yang mungkin bintangnya lebih kecil atau yang tidak kamu harapkan). Intinya kamu masih ada pengganti.

2. Gacha termasuk dalam undian. Dalam undian, dikenal yang namanya probabilitas/peluang. Kalo kamu sudah pernah belajar statistika, tentu paham banget arti peluang ini. Jadi kalo kamu ingin dapat ranger 6* maka gachalah di gacha yang menyediakan ranger MINIMAL 6* di hasil gachanya.

Makanya saya pernah menulis stop gacha 100 ubi, karena peluang untuk dapat ranger bagus (saat itu) di gacha 100 ubi jauh lebih kecil dibandingkan dengan gacha > 100 ubi.

Dalam undian, tentu ada peluang orang menang dan orang kalah.

"Tapi saya kan sudah beli ubi buanyaakkk...tapi gacha tetep jelek...pokoknya LR itu judiii...!"

Pernyataan di atas tentu tidak bisa diterima.

Sama halnya begini. Kamu ingin dapat hadiah mobil di sebuah undian, misalkan minuman kemasan merk X. Terus kamu beli minuman X bergentong-gentong, sampai nyetok buat 1 tahun. Terus kamu ikut undiannya. Kirim kemasan sebanyak-banyaknya....DAN TETEP KALAH!

"Kalo gitu, undian minuman X yang termasuk judi donk?"

Jiah...salah paham lagi! :-D

Undian minuman X dan gacha (terutama poin 2) TIDAK BISA dikategorikan judi, karena untuk minuman X, kamu MEMBELI minuman X. Undian dianggap sebagai 'sampingan'. Jadi, walo kamu ga dapat hadiah undian, kamu masih bisa minum X.

Sama dengan gacha. Meski kamu ga dapat si Baigo misalnya, toh kamu tetep dapat BGX dari hasil gacha.

Meski bukan termasuk judi, toh tetap saja saya kembali wanti-wanti...agar tidak terlalu berlebihan menghabiskan uang kamu untuk beli ubi di LR, karena LR mempunyai peluang yang cukup besar untuk menyedot uang kalian, terutama di event-event yang mereka gelar.

Nasihat di atas terutama untuk pelajar. Untuk yang sudah kerja dan punya uang sendiri, yaa...bukan berarti lantas seenaknya gesek cc. Geseknya sih enak, tapi kalo tagihan sudah datang dan ternyata ga bisa bayar lunas langsung, lumayan juga lhooo...hehehe...

Ok, selamat wiken dan menikmati 10 hari terakhir Ramadhan.

Blog kemungkinan hiatus hingga hari Senin...

14 comments:

  1. Sebenerrny ga perlu bl rubi. Sampe skg gw br kluar duit buat card aja 80rb. Hasilny...ampir semua ranger *8 gw puny. Yg penting tekun bermain.....battle u rubi. Zonk...tentu aja gw pernh ngalamin. Sampe rubi ludes gak dpt apa2. Terpaksa nabung rubi lg slama 1bln hasil battle. Lama2 jg jd bgs ranger kita

    ReplyDelete
  2. Masgan gacha ga pernah zonk sih. Makanya tenang. Sangking tenangnya , ubi sampai numpuk. Krn gacha nya yg fh aja. Hahahaha.

    Salam hode. Wkwkwk

    ReplyDelete
  3. Mas,event dapet material itu munculnya jam berapa aja??

    ReplyDelete
  4. Skrg klo mo gacha dpt yg bagus dpt diliat kok dr perolehan di spc stage. Ketika lo tap "STOP" di spc stage (terutama si stg. 5 & 6) dpt sule atau ranger yg paling tinggi * nya. Nah, disaat itu lah buru2 gacha. Kemungkinan dpt zonk kecil.
    ID: radithprasetyo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pernah hasil ss 5 dan 6 buruk, (sayur mayur dan snack), langsung gacha dapet sule *8 2 biji,

      Dari pengalaman itu, premis dari saya tidak hubungan antara hasil ss dengan gacha

      Delete
  5. Mas gan BSA Bantu aku gk? Aku kan gacha yg 200 tiba" ja ada tulisan network unstable padahal koneksi ku gk papa trus aku pencet oke Ruby ku ilang 200. Nah aku cek n ricek ternyata aku gk dpt apa sedangkan Ruby ku ilang 200. Mohon bantuannya ya
    Bisa pm saya ID : devinilham
    Makasih

    ReplyDelete
  6. mas gan bikin artikel yang ngulas mengenai skill-skill dari ranger di LR season 2 dong...

    ReplyDelete
    Replies
    1. skil2nya kan sudah ada di keterangan ranger2 tersebut.

      jadi,tidak perlu diulas lagi...cape sayanya jugak... :-))

      Delete
  7. Maaf numpang nanya,, saya punya ruby 269 terus saya gacha 200 pas saya klik use timbul tulisan lost conect pas di retry, ruby saya sisa 69 tapi ga ada dapat ranger satupun dari hasil gacha 200 tadi... Kira" ada yang pernah ngalamin seperti itu ga? Kalo ada solusinya gimana? Mohon bantuannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih infonya kang... Barusan udah dapet compensasinya...��
      Yang kemarin galau hilang 200ruby sekarang semangat tempur lagi ni...hihi

      Delete
  8. Maaf numpang nanya, saya punya 269 ruby... Ketika saya beli gacha 200 timbul tulisan lost conect dan ada tulisan retry..waktu saya tekan retry ruby saya sisa 69 dan saya tidak mendapat ranger satupun dari hasil gacha 200 tadi...apa ada yg pernah mengalami? Jika ada apa solusinya? Mohon bantuannya soalnya ngumpulin ruby sampe 200 ga sebentar T_T

    ReplyDelete
  9. Kemaren pagi jam 8 saya gacha 40 ubi dapet drillmaster brown

    ReplyDelete
  10. Saya kemarin beli 200 ruby gacha dapet knight baigo dan warrior susu

    ReplyDelete