Monday, November 17, 2014

Panduan Awal Untuk Bermain Battle Mode

Dear Rangers,

Saya membuat artikel ini terkait dengan keterlibatan saya di kancah Battle sejak 3 - 17 November 2014 lalu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para rangers yang ingin berkecimpung di battle.

Battle mode adalah salah satu fitur yang diluncurkan oleh pengembang game LR sekitar bulan Juni 2014, jika saya tidak salah. Battle mode hadir dengan beberapa fitur lainnya, seperti Endless Mode, Exp Booster Item.

(gambar dari sini)

Beberapa ranger yang saya temui menggunakan istilah PvP (Player vs Player) untuk Battle mode, meski tidak sepenuhnya tepat. Battle dan PvP sama-sama bertarung antar ranger LR, namun yang membedakan PvP pada umumnya berlangsung online. Dalam artian jika PvP ranger A melawan ranger B, maka A dan B mesti sama-sama online.

Sementara Battle, ranger A melawan ranger B yang merupakan hasil pilihan system. Dengan demikian jika ranger A bisa menang melawan ranger B dengan menggunakan ranger-ranger yang levelnya biasa, bukan berarti ranger B bego, tapi karena AI game LR sudah mengatur sedemikian rupa taktik yang digunakan 'ranger B' saat dia berhadapan dengan ranger A.

Beberapa hal akan saya bahas di sini.

Special Feather

Special feather ini berbeda dengan feather (bulu) biasa, dia berwarna warni seperti pelangi.


Special feather ini akan otomatis anda dapatkan setiap 30 menit. Jadi untuk 1 slot full special feather, normalnya anda mesti menunggu 30 menit x 5 = 2.5 jam.

Kecuali anda beli 1 slot full special feather seharga 5 ruby.

Battle Grade


Yang dimaksud battle grade di sini adalah badge atau penghargaan yang akan membedakan seorang battler dengan battler lainnya. Badge di sini tidak ada hubungannya secara langsung dengan rangking ataupun dengan ruby yang diperoleh.

Rangking & Ruby

Setiap battler akan menempati rentang rangking tertentu. Dari rentang ranking inilah, kita bisa tahu (perkiraan) berapa ruby yang akan kita dapat di hari Senin pagi jam 04.00 WIB.




Bagaimana menentukan saya ada di rangking berapa? Itu bisa kita lihat di bagian points. Semakin banyak points yang kita dapatkan (semakin sering menang) maka otomatis rangking akan semakin tinggi dan badge (battle grade) yang dicapai juga kian tinggi.

Berikut ini informasi range point dan rangking yang saya terima.



Minggu lalu saya berhasil mendapatkan 150 ruby.


Sementara untuk minggu ini, merosot cukup tajam, hanya 80 ruby. ;-(


Ga papa, yang penting tabungan ruby cukup untuk gacha special event di Christmas event nanti! ;-)

Battle Points


Ada perubahan battle points yang terjadi antara sebelum maintenance kemarin dengan setelah maintenance.

Sebelum maintenance, pola point yang diperoleh adalah sebagai berikut:
1 - 4 win = 12 points
5 - 9 win = 13 points
> 10 win = 14 points

Setelah maintenance, pola point berubah menjadi:
Win 1 = 17 points
Win 2 = 18 points
Win 3 = 19 points
> win 4 = 14 points

Sayangnya saya tidak sempat ss pola points ini.

Maximal Battle Points

Berapa 2 kali mengikuti battle, saya melihat point maksimal yang dicapai oleh top rangking agak 'aneh' dan tidak sesuai dengan perhitungan 'normal'.

Jadi, mari kita hitung bersama berapa sih jumlah maksimal point battle yang bisa diraih seorang battler? Asumsikan semuanya menang yak!

Kita hitung dulu bulu spesial (maksimal) yang akan didapat seorang battler selama 1 minggu.
1 bulu spesial = 30 menit. 1 hari = 24 jam ~ 48 bulu spesial.
Battle dilakukan 1 minggu, 7 x 24 jam ~ 7 x 48 = 336 bulu spesial.

Sekarang kita hitung pointnya, gunakan point sebelum maintenance.
(4 x 12) + (5 x 13) + (327 x 14) = 48 + 65 + 4578 = 4691 points.

Tapi jika kita cek point posisi 1 per tanggal 10 November 2014, menjelang 'penutupan' battle dan reset, maka kita akan garuk-garuk kepala. ;-)


Pertanyaannya: dari mana sisa point sebesar 55,777 - 4691 = 51,086 lainnya?

Jawabannya simple: mereka beli + 'bakar' ruby.

SERIUS? BERARTI BANYAK DONG RUBY YANG DIBELI?

Tentu saja! Jika point 51,086 itu kita konversi ke jumlah bulu spesial, maka akan didapat 3649 bulu spesial ~ 3649 ruby.

Itu berarti si Siam.Ball mesti beli ruby sebanyak 3,649. Jika dia beli dari line store dengan harga Rp 479,000 untuk 570 ruby, maka dia mesti merogoh kocek sebanyak lebih kurang 6.4 x Rp 479,000 ~ Rp 3,066,440.

TIGA JUTA LEBIH!

Itupun dengan asumsi dia menang terus, tidak pernah kalah!

Gilaaa, ternyata menjadi top rangking (no 1) di battle butuh modal yang tidak kecil yak! :-)

Untuk rangking 1 periode 10-17 November 2014, ternyata modal yang dikeluarkan lebih kecil, karena point yang dia raih tidak gila-gilaan seperti tgl 10 November 2014.


Dengan metode perhitungan yang sama seperti di atas, maka kita akan dapatkan angka ~ 2053 bulu spesial. Kita bagi 570 maka didapat Rp 1,725,480.

Pertanyaannya, MENGAPA ORANG-ORANG MAU KELUAR UANG SEDEMIKIAN BANYAK UNTUK BELI RUBY (DAN BAKAR RUBY) DEMI MERAIH TOP RANGKING?

Dari info yang saya peroleh, didapat ada 2 jawaban yang menjadi penyebab mereka ga sungkan untuk mengeluarkan banyak uang.

1. GENGSI
Jika kita perhatikan, di depan nama pemenang ada inisial, entah itu Siam, T1o atau !T. Itu menunjukkan dari grup mana si battler itu berasal. Siam, T1o ataupun !T setahu saya berasal dari Thailand.

Makin banyak anggota sebuah grup berada di posisi top ranking, tentu ada kebanggan tersendiri bagi para anggotanya.

2. EVENT MOBIL
Info ini masih simpang siur, antara benar atau tidak. Tapi dari Rangers yang bisa dipercaya, saya dapat info bahwa ada kompetisi (tidak resmi) antar grup (di luar negeri) untuk memenangkan sebuah mobil. Hingga artikel ini saya buat dan muat, belum ada keterangan resmi jenis mobil yang diperebutkan dan siapa yang menyediakan.

Jadi, para top rangking akan dikumpulkan datanya hingga satu batas waktu tertentu (masih belum jelas kapan pengumpulan data ini berakhir) lalu pemenangnya akan ditentukan dengan cara diundi. Top rangking yang berhak ikut pengundian ini hanyalah 3 top rangkin (rangking 1-3 saja).

Demikian panduan awal untuk battle mode.

Di kesempatan berikutnya, saya akan membahas taktik untuk bermain battle.

5 comments:

  1. 3 juta cm buat bakar feather nano2...blom lg beli ruby buat gacha mreka yg udh pada master2 premium rangerny *geleng2pala*

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaa...orang kaya beda lah dengan kita-kita yg masih jungkir balik untuk nyari duit :-D

      Delete
  2. Rata-rata paling sedikit untuk masuk rank berapa point?

    ReplyDelete
  3. Minimal berapa point yg harus dikumpulkan untuk masuk ranking

    ReplyDelete
  4. @ilham: tergantung masuk rangk berapa :-)
    itu ada gambarnya kok...cek saja...

    ReplyDelete