Thursday, January 7, 2016

Cerita-cerita Mengenai Guild JAGAL

Dear Rangers,

Kali ini saya hendak bahas mengenai guild JAGAL. Sebelumnya saya pernah membahas guild di artikel-artikel berikut:

Jangan Lupa Gabung Guild/Clan!

Melihat Guild-guild Dari Indonesia

Membesarkan Guild Dengan Team Work!

logo guild JAGAL by Abah

Standarnya, guild mempunyai 3 admin guild, 1 master dan 2 sub master. Nah, guild JAGAL mempunyai admin tidak hanya 3 (saya, omAndre, dan MakVer), tapi ada juga admin tukang catat member khilaf&kicker member bandel (omAr, Abah Q, dan kadang2 omYudh), admin 'pengacara' (bangHaji) yang akan membela member-member yang telah melakukan kekhilafan.

Eh, apa sih itu maksudnya daftar khilaf?

Cek penjelasannya di bawah yaa?!

Jadi begini, di JAGAL, kami mementingkan team work. Semua member mesti kebagian nge-raid, punya jatah yang sama (min 3 chances seperti yg disediakan dev LR). Boleh saja bakar ubi untuk meraih posisi top contribution, tapi tetap saja 3 peluang tiap member yang diutamakan.

Masalah member2 tersebut tidak bisa online sehingga tidak bisa raid dan menghabiskan peluangnya, yaaa...itu bukan wewenang dan kuasa para admin. Toh jika guardian yang dibuka cukup banyak, mestinya bisa lah menyempatkan diri main 10 menit (total) untuk 3 peluang (termasuk ngantri raid).

Untuk itu, tiap member dikasih jatah max % hit, terutama untuk guardian di level 4 dan 5. Untuk guardian di level 1-3, tiap member boleh full attack, tidak ada batasan. Jadi boleh saja saya menghabisi Sonia dengan sekali serang, tanpa ambil pusing dengan member lain.

Khusus utk 4 dan 5, dikasih jatah 3-5% hit.




rule raid di JAGAL

Hitungannya gimana? Mis ada 100 member guild Jagal, dengan berbagai level, dari Master hingga SM99. Nah, biasanya yg sudah SM99 kan ranger2nya sudah yahud tuh, otomatis punya daya hancur yang besar. Jika tidak ada pembatasan, dikhawatirkan member dengan level rendah (seperti saya) tidak kebagian.

Yaaa memang cuma bisa nyumbang 0-2%, tapi kan lumayan untuk rewardnya.

Dengan demikian, jika ada yang hit lebih dari 5%, apalagi sampai menghabiskan jatah orang lain (100%), maka dia akan berhadapan dg omAr, sesepuh LR Indonesia.

Seperti yang terjadi di bawah ini.


Dengan 'gagahnya', saya menghabisi si Phoenix sendirian. Oh well, ini sebenarnya tidak disengaja. Jadi begini, ketika saya mulai open raid si Phoenix, saya posting info raid ini ke post.

Sedikit meloncat cerita...

Oya, di JAGAL, member hanya boleh raid di guardian yang telah ditentukan oleh admin. Bisa juga by request sih. Intinya fleksibel. Jika melanggar, maka masuk daftar khilaf juga. ;-)





contoh daftar khilaf

So rule raid di JAGAL bisa dibilang simpel lho! Simple dalam artian semua JAGUR bisa berpartisipasi, tinggal sabar antri saja. Mungkin ada yg bilang ribet, tapi saat ini kami pikir rule raid di JAGAL sudah mencakup pemerataan, kembali ke team work dan kebersamaan. :-)

Ada juga rule first & last. Rule ini berguna untuk menghindari 4L (Loe Lagi Loe Lagi) yang menghabiskan guardian demi meraih reward yang lebih banyak.



Rulenya gampang kan? Ga susah kok. Asal MAU BACA POSTING, mestinya ga ada masalah :-)

Kembali ke cerita saya, usai menulis di post, saya hendak exit raid saya. Tapi yang terjadi adalahhhhh...si Phoenix sudah tewas dengan sukses di tim ranger (cupu) saya. Selidik punya selidik, si Phoenix yg saya lawan baru level 1, otomatis lemah.

Tapi karena aturan di 4 dan 5 adalah max hit 5%, otomatis saya melanggar.

"Etapi kan MasGan sesepuh JAGAL? Mestinya ada perkecualian donk!?"

Oh, well...aturan tetap aturan. Meski saya (dianggap) sesepuh JAGAL, ya tetep mesti taat aturan. OmAr langsung memasukkan saya ke daftar khilaf, tidak boleh main level 4-5 (sebanyak 1 kali). Jika saya melanggar, otomatis sudah 2 kali daftar khilaf. Masih bandel? Ya dikick dari grup dan guild.

Dan itu yang terjadi ke omLao. Mungkin karena keasyikan mencet2, omLao beberapa kali melanggar dan menjadi langganan tetap daftar khilaf.

BangHaji tidak bisa membelanya karena bukti kuat yg tidak bisa dibantah.

Walhasil dengan berat hati, kami mesti merelakan omLao pergi dari grup dan guild JAGAL.

"Wiihhh..kejem benerr..."

Bukan masalah kejam/tidak. Seperti saya tulis di atas, di salah 1 artikel, guild JAGAL kami bangun dengan 'nafas' team work, apalagi membernya beraneka ragam level. Kalo semua SM99, yaaa enak. Tinggal dulu2an saja hajar, yang penting guardian bebas. Tapi bukan itu intinya. TEAM WORK. Itu sebabnya, JAGAL masih mau menerima Ranger dengan level Master karena biasanya mereka yang lebih paham dan mau bekerja sama.

Seperti pepatah bilang, 1 lidi mudah dipatahkan, tapi 100 lidi yang diikat menjadi sapu akan bisa membersihkan halaman rumah yang kotor.

Itu sebabnya, meski di Des 2015 kemarin member JAGAL masih < 100, tapi kami bisa bersaing dengan guild-guild lain seperti terlihat di bawah ini.


kredit utk om PPNY

Di daftar di atas, JAGAL berada di posisi 6. Padahal jika dilihat dari jumlah (dan level) member, apalah JAGAL itu? Tapi karena KOMPAK, kami bisa bersaing. Dan sebelum tahun 2016, kami bisa naik level ke level 8.

Keren kan?

Di daftar terbaru, JAGAL sudah menempati posisi 4.


Itu sebabnya saya bangga dengan para Jagur (member guild JAGAL) yang telah bersedia bekerja sama dan taat aturan. Tanpa kerjasama kita bersama, mustahil JAGAL bisa bertengger di posisi sekarang ini.

KEREN KALIAN SEMUA! ;-)

Keberhasilan JAGAL ini tidak terlepas dengan beraliansinya guild BEGAL ke JAGAL. Guild BEGAL yang merasa kurang optimal pencapaiannya, akhirnya bekerja sama dengan JAGAL untuk meraih mimpi bersama (asemik...bahasanya kaya MLM banged daaahh...hahahhaa...).

OmDidit, kangHerman, nengSansan, omRenggi, omIndra, omBasyofi, omDS, nengAby memilih beraliansi dengan JAGAL, sementara Candra & DSetiyawan memilih jalannya sendiri dengan masuk NUBI.

tim BEGAL

Dari kejadian tersebut, JAGAL memutuskan menerima guild lain yang akan beraliansi, asal slotnya masih memadai. Sempat ada wacana aliansi dengan guild lain dengan 30 member aktif, namun hingga kini masih belum ada kelanjutan.

Saat ini member guild JAGAL ada 106 JAGUR dari 160 slot. Masih ada 54 calon JAGUR yang kami persilakan mendaftar.

Dan kami sekarang permudah syarat masuk JAGAL. MINIMAL MASTER 10, bisa mengajukan diri/mendaftar ke guild JAGAL. Jika dirasa ranger2nya memadai dan ok (menurut admin), maka akan diterima. Oya, diutamakan orang Indonesia, karena usai masuk guild, JAGUR baru ini akan diajak join grup guild, yg otomatis akan banyak menggunakan bahasa Indonesia utk percakapan. MENGIKUTI RULE&ARAHAN ADMINUpeti stiker 100 koin ke admin, hehehe...ini tidak wajib,tapi kalo dikasih stiker, akan dimudahkan masuk guild, jika admin2 sudah mendapat gift stiker, maka gift stiker akan dijadikan hadiah kuis di grup, hahahah... ;-)

Syarat di atas berlaku untuk perorangan. Tapi jika ada guild yg jumlah membernya <= 54 member hendak bergabung, syarat di atas tidak berlaku. Sebagai gantinya, syarat guild yg bisa beraliansi min level 4.

Syarat lainnya, jika sudah jadi JAGUR mesti rajin raid. DILARANG ABSEN lebih dari 3 hari tanpa info. Jika dicek last loginnya >= 3 hari, akan dijapri oleh admin. Jika no respon dalam waktu 24 jam, maka akan langsung dikick dari grup dan guild.


Contohnya Brian dan omNanto. Mereka jarang online (dan login) lebih dari 3 hari, tapi sudah info bahwa Brian ada ujian, dan omNanto ada urusan keluarga (kakeknya meninggal). So, masih lolos dari kick. Tapi utk omKendrew dan omNicho,karena tidak ada kabar sama sekali, ya terpaksa dikick.

Fair kan?

OPEN RECRUITMENT mulai artikel ini dimuat hingga semua slot penuh. Oya, sebelum submit ke guild, calon JAGUR mesti join grup dulu. Silakan kontak omYudh, omAr, bangHaji, atau Abah untuk didaftarkan ke grup. Jangan lupa share tim rangernya, untuk kelayakan.

APA? GA PUNYA ID LINE MEREKA? TER-LA-LU...!! :-))

Oya, kembali ke daftar khilaf. Hingga saat ini, belum ada rencana upaya pemutihan atau pengampunan bagi orang yg sudah kena daftar khilaf, kecuali dia menjalani hukumannya. Jika ada pemutihan/pengampunan, kami, para admin khawatir para member akan sengaja melanggar (karena berpikir aturan dibuat untuk dilanggar) dan akan merepotkan omAr.

Sekali lagi, aturan di JAGAL clear, siapapun yg melanggar, walau saya, omAndre, atau sesepuh lain, ya tetap masuk daftar khilaf-nya omAr. Dari sekian admin, cuma omAr dan bangHaji yang belum pernah melanggar, masa jeruk makan jeruk? Hehehehe....

Terakhir, saya share id JAGUR. Silakan jika hendak di-add, terutama bagi kamu-kamu yang butuh friend help untuk Stage, Special Stages ataupun Arena. Rata2 sudah punya rangers dan gears yang memadai kok! Lebih hebat dari punya tim saya malah...! :-)







para JAGUR - per 5 Januari 2016

Berikut id-line para Jagur:

http://line.me/R/ti/p/~nasehrahmatuloh
http://line.me/R/ti/p/~Harisandi44
http://line.me/R/ti/p/~Wira_2001
http://line.me/R/ti/p/~spy_1603
http://line.me/R/ti/p/~abyhapsari
http://line.me/R/ti/p/~enji_ygo
http://line.me/R/ti/p/~alifcantona
http://line.me/R/ti/p/~Aanpratamaa2
http://line.me/R/ti/p/~mcmcwarwarwar
http://line.me/R/ti/p/~darkandri211
http://line.me/R/ti/p/~emzhie05
http://line.me/R/ti/p/~anisakusuma
http://line.me/R/ti/p/~agunggumelar24061987
http://line.me/R/ti/p/~hadyseven
http://line.me/R/ti/p/~Yasmindewi
http://line.me/R/ti/p/~glowrius
http://line.me/R/ti/p/~Budiatmaja
http://line.me/R/ti/p/~mazvhe
http://line.me/R/ti/p/~agungbiantara2510
http://line.me/R/ti/p/~aikipoetra
http://line.me/R/ti/p/~andrefresnando
http://line.me/R/ti/p/~arie.aja.deh
http://line.me/R/ti/p/~asahi_yudi
http://line.me/R/ti/p/~eresriyaldi
http://line.me/R/ti/p/~h112o
http://line.me/R/ti/p/~herdian-dayenz
http://line.me/R/ti/p/~irwannata7
http://line.me/R/ti/p/~satira12
http://line.me/R/ti/p/~suntoro12
http://line.me/R/ti/p/~venni.dwi.putri
http://line.me/R/ti/p/~victorio.chatra
http://line.me/R/ti/p/~yoanny.ulva
http://line.me/R/ti/p/~yudi_jtr205
http://line.me/R/ti/p/~afiz86
http://line.me/R/ti/p/~ideleven7813
http://line.me/R/ti/p/~Tahubolong
http://line.me/R/ti/p/~dani_z
http://line.me/R/ti/p/~Acuk88
http://line.me/R/ti/p/~ar2486
http://line.me/R/ti/p/~ari_senug
http://line.me/R/ti/p/~herafirt
http://line.me/R/ti/p/~an_drisaputra
http://line.me/R/ti/p/~vincensunaryo
http://line.me/R/ti/p/~vanilla1408
http://line.me/R/ti/p/~didit.ahendra
http://line.me/R/ti/p/~Thomas_suryawan
http://line.me/R/ti/p/~Pujisetiawans1234
http://line.me/R/ti/p/~Adhitrianggara
http://line.me/R/ti/p/~Hazaneamb
http://line.me/R/ti/p/~gadgetmania2
http://line.me/R/ti/p/~Ququy
http://line.me/R/ti/p/~ajiwiguna87
http://line.me/R/ti/p/~Joshuaputt
http://line.me/R/ti/p/~radithprasetyo
http://line.me/R/ti/p/~Muhammadrijalll
http://line.me/R/ti/p/~loki_yukishiro
http://line.me/R/ti/p/~adityafadilla13
http://line.me/R/ti/p/~yanazzalea
http://line.me/R/ti/p/~brianflorensius
http://line.me/R/ti/p/~r_metaliano
http://line.me/R/ti/p/~jgl.pororo
http://line.me/R/ti/p/~b_boy_jack
http://line.me/R/ti/p/~superknalpot
http://line.me/R/ti/p/~evkaiser
http://line.me/R/ti/p/~doddykoes
http://line.me/R/ti/p/~mourakanaya
http://line.me/R/ti/p/~julianrizky13
http://line.me/R/ti/p/~ryudistiraf
http://line.me/R/ti/p/~ingriedb
http://line.me/R/ti/p/~juliantoachmad
http://line.me/R/ti/p/~yoga.ferdinand

Silakan di-add id para JAGUR, jangan sampai ketinggalan...nanti saat mereka penuh dan tidak bisa di-add baru deh rempong.

Demikian sharing sekilas mengenai guild JAGAL.

Admin akan libur posting hingga minggu depan. Masih liburan lag...masih ingin liburan di Hawaii, hihihihih... :-))

44 comments:

  1. Jagal Memang Terbaik! (Y) Saya !JGL SyauKy 45

    ReplyDelete
  2. Gan ikut guild nya dong ane jadi masuk guild jepang nih saking terpaksanya :'v jadi yang kosong yang mana nih JAGAL atau JAGUR maaf kurang nyimak tulisannya lagi banyak pikiran :'v

    @lineID:alfandiandroga

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan kontak para admin di atas utk join grupnya dulu.

      JAGAL ~ nama guild
      JAGUR ~ nama member JAGAL

      :-)

      Delete
  3. Gan, jagal pernah kecolongan kicker gak??
    Gimana antisipasinya?
    Makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah belum pernah kecolongan.

      lumayan berlapis pengamanannya,hehehe.. :-)

      Delete
  4. Boleh join gak min ? Sekarang masuk guild Taiwan gitu saking gak ngertinya haha.. BTW id adminnya apa ya ? Biar saya add... Id saya irvalmayendra mkasih

    ReplyDelete
  5. Saya udah dikeluarkan ma om ar.. hahaa 😁

    ReplyDelete
  6. wah, saya sudah menjadi terkenal, terkenal masuk daftar SP om ar hahahahahaha

    ReplyDelete
  7. Salim sama para mastah..#tikelmeozhuazhuasujud

    ReplyDelete
  8. Boleh join gak Min ??
    id : lobe21
    lv : M 53

    Mau coba add tadi dapat tulisan -> "Sorry, the account you are trying to add cannot accept more friends." :v

    ReplyDelete
  9. Wah .. padahal pengen masuk guild terbaik di Indo ini , tpi apa daya sudah terikat kontrak ma guild jepang hikz ... kalau ada waktu saya singgah ya ... btw bisa di invite id line sya baru level M60 sekalian yg mau liat rangers2 nya hahaha sekalian nambah teman ... makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sudah ndak bisa add/di-add,omArisato.

      cek saja komentar di atas :-(

      Delete
  10. Btw id adminya yg mana ya?
    Ane mau daftar gan...

    @ID:abrarojali

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada tuh di daftar id yg saya tulis.

      coba tebak2 yaa...?! hahhaa..

      Delete
  11. Ikutan dong masgan

    Master lvl 45 punya ane

    Id: refalasolasido

    ReplyDelete
  12. Min,,

    nama guild 5Freakest ko' ga ad yaa??

    TT_TT pada guardiannya udah 4..

    ReplyDelete
  13. min,, numpang promo guild juga boleh yaa..

    itung2 nambah saingan baru untuk JAGAL,, heheee..

    (walau di list nya guild indonesia ga masuk TT_TT )

    guild newbie "5Freakest"

    guardian = 4

    member 31/100

    syarat cukup add "ekoferdi09" << ketua guild

    makasih Min..

    moga 5Freakest bisa masuk dftar guild Indonesia berikutnya..

    biar bisa saingan sama JAGAL,, heheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh ternyata masuk Min,,

      cuma sayanya khilaf..

      jadi ga keliatan,, heheee

      Delete
  14. Duh jadi pengin masuk ke guild jagal, apalah daya level baru 80.
    Berusaha keras buat naikin ke level M10.
    Berita baiknya rangers team saya bagus2~> ada 3rangers *8 dan puluhan rangers *7

    Selama ini gabungnya ke guil jepang level 7 lumayan sih guardiannya 5 tapi bosen gak jelas nge-raidnya..
    Tolong dibantu add ya line id: yasin11nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat...mudah2an ada event triple exp lagi,biar cepet naik level ke Master 10 ya?! :-)

      Delete
  15. Om masgan boleh masuk guild jagal gk. Saya mainnya aktif tiap hari level 48 master.

    ReplyDelete
  16. Hadehh,di add admin nya ehh pada penuh pertemanan nya :'v

    ReplyDelete
  17. Malam mas gan, saya christian valentino id:heychristt
    Saya master lv20, udah ngejoin juga ke guild jagal dan udah nanya nanya juga ke admin dan para jagur lain, tapi belom di acc juga di guild dan belom di invite ke line groupnya juga. Kalo boleh saya mau minta konfirmasi diterima atau enggaknya saya masuk guild jagal ini kak.
    Mohon konfirmasinya ya masgan, nuhuun

    ReplyDelete
  18. Saya belum ketulis idnya yak wkwkwk gpplah belom mastah juga*anggotajagal

    ReplyDelete
  19. Lama ga baca blog masgan heheh. Apa kabar grup jagal....hhahahah aku malah udh dikick tanpa tau alasanny sejak sejak jaman sblm guild. Skg aku ikut grup japan. Lumayan bisa bantu raid bnrny ada 4ac sm 99 semua. Kmr sempet ktemu masgan diarena stage 2 gampang bgt kalahinny hahahahha sorry masgan. Salam buat om ar...om andre dll msh bnyk lg. Grup japan ny mayan no 2 stlh reg heheheh.

    ReplyDelete
  20. Sore Om Masgan :) ..
    Saya minat banget join Grup Jagal, uda nyoba ngontak Om Ar Dan Om Fazrin, tapi blum ada respon dari mereka berdua T_T ..
    Saya player aktif, saat posting ini berada di lvl 73 M..
    Id : madaafadjar

    Mohon info nya ya Om Masgan, trimakasih banyak :).

    ReplyDelete
  21. mas gan minta id nya omlao donk
    udah ane cari2 diblog gak ada

    ReplyDelete