Monday, December 22, 2014

'Kelemahan' Line: Kehadiran Kicker & Aksi Saling Tendang

Dear Rangers,

Artikel ini sebenarnya sudah siapkan sejak Agustus 2014, tapi karena berbagai macam hal baru bisa saya selesaikan dan muat sekarang.




Aplikasi Line memang seru, apalagi dengan adanya stiker-stiker menarik, si Udin salah satunya. Tapi bukan berarti Line bebas dari masalah.

Masalah yang saya maksud adalah terkait dengan kicker dan perilaku tendang menendang.

Jadi, di Line tidak ada hirarki ataupun otoritas/kekuasaan. Semua anggota (grup) mempunyai hak yang sama, baik mengundang anggota baru, mengubah setting grup, membatalkan undangan, bahkan juga menendang anggota lain.

Kasus tendang menendang ini yang seringkali menjengkelkan saya, terlebih jika saya (merasa) tidak berbuat salah, tau-tau ditendang dari sebuah grup. Tuh, coba cek apa komentar Udin, hihiihi..

Menurut saya, Line akan lebih baik jika settingan grup dan tendang menendang ini menjadi HAK KHUSUS admin ataupun owner grup. Yaa penyebabnya, seperti kamu lihat di 2 foto di atas, terjadi saling tendang antar anggota grup.

Well, saya tidak tahu persis apa penyebab/alasan sehingga terjadi aksi tendang menendang ini. Tapi yaa hal ini tidak fair, terutama jika yang ditendang bukan orang yang suka bikin masalah.

Nendang orang sih sah-sah saja, jika memang dia melanggar aturan grup, apalagi termasuk kategori orang 'jahat' yang berpotensi melakukan kerusuhan massal.

Aksi saling tendang jelas meresahkan anggota lain, terutama bagi mereka yang join grup untuk mendapatkan informasi (penting). Jika sudah merasa tidak nyaman, kebanyakan dari mereka memilih untuk meninggalkan grup, daripada ditendang.

Kembali ke masalah Line. Saya sendiri berharap pihak Line memperbaiki 'kelemahan' aplikasinya ini. Agar suasana grup bisa kondusif dari hal-hal yang merugikan seperti ini.

Gimana menurut kamu?

36 comments:

  1. Betul sekali mas ganteng.
    Grup sya sebelumnya juga dihapus sama BEBERAPA orang yang sya sendiri g tau motifnya. bahkan sudah direncanakan. kami sudah maafkan koq walau permintaan maaf belum datang.
    untung semuanya sudah pake nama clan saling kompak mendukung, jadi mengumpulkannya mudah.

    mudah2an kedepannya ada privilege( HAK khusus) Admin.
    Yuk Kita Sumbang saran di https://lg-cs.line.me/fm/public/inquiry/entry

    caranya bisa lihat http://linerangers-id.blogspot.com/2014/11/lapor-ke-customer-service-line-jika-ada.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikut berduka cita,bro SYA :-(

      kicker ~ orang2 tidak bertanggung jawab

      mungkin ke depannya saya akan membuat masukan/saran ttg hal ini kepada pihak LR.

      Delete
    2. Gabung dong id:nabil zurba trims

      Delete
  2. Iya tuh, saya jg kemaren di kick dari lrk, ga tau deh yg ngekick siapa, salah apa jg ga tau. Emang sih ane silent reader, emang ny silent reader ngelanggar aturan ya? Tapi yaudahlah, ga penting juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. heuheu...sabar bro.

      kalo sudah begitu,ya tinggal cari lagi grup lain :-)

      Delete
  3. Tambahkan dong di grup dimas_farid

    ReplyDelete
  4. Dulu saya pernah bikin grup, terus ada org yg kick semua member di grup saya itu, termasuk saya sendiri. Keselnya sampe saya bawa-bawa ke sekolah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hwaduh...

      ikut berduka cita...

      wah,jgn bawa2 ke sekolah, nanti malah diskors gara2 bikin kisruh di sekolah

      Delete
    2. gan klo misalnya undangan grup ga sengaja ketolak gmna tuh ? masih bisa masuk grup itu kagak ?

      Delete
    3. masih bisa.

      minta diundang lagi saja.

      Delete
  5. ITU PERBUATAN AKATSUKIN tukAng KICKERS

    ReplyDelete
    Replies
    1. akatsuki,uzumaki,lord of darkness,uchiha,death note,we are coeg fams...masi banyak lagi clan kicker

      Delete
    2. biasanya mereka kicker baru gan. saya pihak kicker lama juga kesel ama mereka. kami para kicker lama hanya ngekick grup b*kep dan grup kicker lain. tetapi sepertinya sekarang telah disalahgunakan jadi untuk ngekick grup angkatan, game, dll

      Delete
  6. Grup saya di kick sama anak SD....Hahahahahahaha.
    Beneran gk bohong....hdweeeeeeh....anak jaman sekarang memang..mmm..taulah.

    ReplyDelete
  7. Masalah free-kickers juga menjadi masalah dalam komunitas idol Jepang. Tidak jelas tujuannya apa? Walau sudah di ban tetap saj muncul yang sejenis...

    Terkadang kami juga gondok dengan itu.

    #SayNoToKickers

    ReplyDelete
  8. gw kicker akatsuki.... nick gw deidara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pffftt.. ngaku ngaku aja lo hahaha

      Delete
    2. dih...dari akatsuki ae bangga lu..gua dri uzumaki ama uchiha..:V

      Delete
  9. baru tadi pagi gua kena kick dari grup game aum,parah kicker nya ga punya hati banget,kurang kerjaan :'v

    ReplyDelete
  10. Saya jg pernah gan..
    Mirisnya itu org yg saya kenal seeing bgt kaya gitu..mau marah susah.

    ReplyDelete
  11. Tadi gua diundang ke grup sklh gua tuh .. trus ga sengaja ketolak .. masih tetep bisa masuk tuh grup apa nggak yee ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih..suruh ae ownnya buat cancel invite nya abis itu minta invite lagi

      Delete
  12. cara kick sekaligus gitu gmn ya gan ??

    ReplyDelete
  13. gan cara kick sekalius gitu gmn ya ?

    ReplyDelete
  14. pake line ungu yang one hit ato gak pake bot

    ReplyDelete
  15. Gimana cara ngeliat yang sider di group line?

    ReplyDelete
  16. Invite line : zulhakim13
    Lagi butuh id kickers nih yang baik hati kirimin kontak dong

    ReplyDelete
  17. Emang kita kick temen dr goup itu ketahuankah?? Soalnya pernah ga sengaja

    ReplyDelete
  18. Seharusnya di group ada fitur "leader" jadi yang bisa ngekick hanya si leader

    ReplyDelete
  19. Gan cara fungsikan hit one itu gmna..???

    ReplyDelete